Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang / Citra Dewi Astutik

Astutik, Citra Dewi (2013) Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang / Citra Dewi Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: faktor internal, faktor eksternal, prestasi belajar, mahasiswa Jurusan AP Prestasi belajar akademik adalah hasil yang dicapai dalam proses belajar yang berupa perubahan tingkah laku yang dinyatakan dengan skor/nilai yang dilakukan oleh pendidik melalui evaluasi atau penilaian yang diberikan kepada subjek didik yaitu siswa/mahasiswa. Faktor Internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri mahasiswa yang terdiri dari Faktor Jasmani, kemampuan dasar, sikap, bakat, minat, dan motivasi. Faktor Eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri mahasiswa yang terdiri dari lingkungan Sosial dan non-sosial. Faktor internal dan faktor eksternal harus saling mendukung demi tercapainya prestasi belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Faktor internal apa saja yang mempengaruhi prestasi hasil belajar mahasiswa Jurusan AP FIP UM? (2) Faktor eksternal apa saja yang mempengaruhi prestasi hasil belajar mahasiswa Jurusan AP FIP UM? (3) Faktor apa yang paling dominan yang mempengaruhi prestasi hasil belajar mahasiswa Jurusan AP FIP UM? (4) Apakah ada perbedaan antara mahasiswa regular dan non regular dalam prestasi belajar yang tidak sama, sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa Jurusan AP FIP UM? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua atau lebih variabel yang dapat diukur secara kuantitatif yaitu tingkat prestasi mahasiswa berdasarkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengambilan sampel secara terkombinasi yaitu Teknik Statified Proportional Random Sampling. Jenis data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner/angket, sedangkan data sekunder berupa hasil nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Uji kualitas data yang dipakai adalah validitas dan reabilitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2007, 2008 dan 2009. Hasil Penelitian pada mahasiswa Jurusan AP FIP UM menunjukkan bahwa analisis pengaruh faktor internal terhadap prestasi belajar diperoleh nilai F hitung 17.736 dengan taraf signifikansi 0,030 atau < 0,05, maka faktor internal berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap prestasi belajar. F hitung 17,736 dengan taraf signifikansinya 0,014 atau < 0,05, maka faktor eksternal berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Dengan kata lain faktor internal dan faktor eksternal secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal yang terdiri dari (Faktor Jasmani, sikap, bakat, minat dan motivasi) mempunyai hubungan sebesar 0,193 terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan AP FIP UM. Sedangkan faktor eksternal (lingkungan sosial dan non sosial) mempunyai hubungan sebesar 0,202 dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan AP FIP UM. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa faktor eksternal lebih dominan mempunyai hubungan yang lebih signifikan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa jurusan AP FIP UM. Dari Penelitian ini yang dilakukan melalui Uji t Sampel Bebas juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan untuk mahasiswa kelas Reguler (Reg) dan mahasiswa Non Reg Jurusan AP FIP UM ditinjau dari IP nya. Saran penelitian selanjutnya diharapkan meneliti faktor lain seperti kemampun dasar, cacat Tubuh, bakat, keadaan gedung, metode belajar, metode mengajar, teman bergaul, bentuk kehidupan masyarakat dan masih banyak lagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item