Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Okti Dwi Arindani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Okti Dwi Arindani

Arindani, Okti Dwi (2008) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Okti Dwi Arindani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Arindani Okti Dwi. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Triadi Agung Sudarto SE. M.Si. Ak. Kata Kunci Persepsi Kompetensi Profesional Prestasi Belajar. Pendidikan nasional memegang peranan penting dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan bangsa Indonesia. Salah satu komponen pendidikan yang memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan adalah guru. Guru yang kompeten dalam bidangnya adalah salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa oleh karena itu penelitian ini membahas tentang bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi yang mempunyai tujuan sebagai berikut 1) untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang 2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang 3) untuk mengetahui apakah persepsi tentang kompetensi profesional guru akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana (Simple Linier Regression Analysis). Variabel dalam penelitian ini meliputi persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru (X) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian akuntansi yang berjumlah 245 siswa. Sampel yang digunakan sebesar 70% yang berjumlah 65 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa persepsi siswa akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang mempunyai kualifikasi baik dengan skor rata-rata (mean) sebesar 81 739. Prestasi belajar siswa akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang mempunyai kualifikasi cukup dengan skor rata-rata (mean) sebesar 7 59. Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar pada program keahlian akuntansi di SMK Ardjuna 02 Malang yang ditunjukkan dari nilai Sig F sebesar 0 000 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 35 5%. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan mengacu pada hasil temuan yang menyatakan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar pada program keahlian akuntansi adalah bagi guru akuntansi hendaknya kompetensi profesional guru lebih ditingkatkan lagi sehingga dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Sedangkan bagi pembaca yang berminat meneliti kasus sejenis sebaiknya mengembangkan variabel lain dan lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35006

Actions (login required)

View Item View Item