Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kebiasaan belajar terhadap indeks prestasi komulatif (IPK) Mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2006/2007 / Eva Agustina

Agustina, Eva (2009) Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kebiasaan belajar terhadap indeks prestasi komulatif (IPK) Mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2006/2007 / Eva Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesuksesan seseorang dalam mencapai prestasi belajar yang baik bukan hanya dipengaruhi oleh tingkat IQ saja. Akan tetapi masih banyak faktor lain seperti EQ, kebiasaan belajar, potensi diri dan faktor- faktor lainnya. EQ dan kebiasaan belajar merupakan hal yang saling berkaitan. EQ mampu mengendalikan perasaan seseorang. Persaaan yang tidak terkendali akan cenderung mengakibatkan tingkah laku serta sikap seseorang yang kurang terkendali, akibatnya muncullah kebiasaan belajar yang kurang baik. Dengan beragamnya tingkat EQ dan kebiasaan belajar, beragam pula tingkat pencapaian prestasi belajar peserta didik, sehingga pemahaman tentang EQ dan kebiasaan belajar serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar dianggap sangat penting, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh EQ dan kebiasaan belajar terhadap IPK mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah explanasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah EQ (X1) dan kebiasaan belajar (X2). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah IPK. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2006/2007. pengambilan sampel menggunakan teknik cluster propotional random sampling diperoleh sampel sebesar 45 mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian secara parsial EQ mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap IPK mahasiswa, terbukti dari sig. t (0,001) < &#945; (0,05), kebiasaan belajar juga mempengaruhi IPK mahasiswa secara signifikan, terbukti dari sig.t (0,012) < &#945; (0,05). Sedangkan secara simultan, EQ dan kebiasaan belajar berpengruh terhadap IPK mahasiswa yang ditunjukkan dengan sig.F (0,000) < &#945; (0,05). Nilai R2 sebesar 36,3% sedangkan 63,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel EQ dan kebiasaan belajar. EQ mempunyai pengaruh yang lebih dominan dari pada kebiasaan belajar yaitu 22,3% sedangkan kebiasaan belajar adalah 14%. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) diharapkan Bagi Universitas Negeri Malang, penelitian ini mampu memberikan sumbangan dalam penyediaan informasi empiris tentang kecerdasan emosional, yang bisa digunakan sebagai pertimbangan kebijaksanaan dalam hubungan dengan pemenuhan kebutuhan mahasiswa akan kecerdasan emosional (2) diharapkan bagi mahasiswa agar lebih memperhatikan kebiasaan belajar yang kurang sesuai dan lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35005

Actions (login required)

View Item View Item