Strategi guru dalam meningkatan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang / Sri Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi guru dalam meningkatan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang / Sri Wijayanti

Wijayanti, Sri (2013) Strategi guru dalam meningkatan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang / Sri Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci strategi guru kualitas pembelajaran MAN Pendidikan merupakan usaha untuk menyiapkan peserta didik dengan cara melakukan kegiatan pengajaran dan latihan sebagai bekal hidup di masyarakat. Oleh sebab itu peran pendidikan sangat penting salah satu peran penting dari pendidikan saat ini adalah guru. Guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membentuk kompetensi peserta didik menjadi yang lebih baik. Peningkatan mutu atau kualitas pembelajaran dalam kegiatan proses belajar mengajar (proses pembelajaran) akan berjalan dengan lancar apabila guru berhasil mengelola kelasnya. Kualitas pembelajaran dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik-buruknya hasil yang dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Sekolah dianggap bermutu atau berkualitas bila berhasil mengubah sikap prilaku dan ketrampilan peserta didik yang dikaitkan dengan tujuan pendidikannya serta proses pembelajaran yang berlangsung hingga mendapatkan hasil. Berbicara masalah peningkatan kualitas pembelajaran lembaga pendidikan Islam atau yang biasa disebut madrasah terkesan lamban dalam mengantisipasi hal tersebut. Prestasi lulusan madrasah masih jauh tertinggal dengan lulusan pendidikan umum. Bertitik tolak dari latar belakang di atas maka penelitian difokuskan pada strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan islam/Madrasah Aliyah tepatnya di Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas strategi mengajar guru dalam penyampaian materi pelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Akhir Nasional yakni Bahasa Inggris Bahasa Indonesia Matematika Ekonomi. Selain itu juga mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru untuk memotivasi siswa dalam belajar. Untuk mencapai maksud tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris Bahasa Indonesia Ekonomi Matematika yang diujikan pada Ujian Akhir Nasional di MAN 5 Jombang. Prosedur penelitian ini menggunakan instrumen pedoman wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya strategi guru yang kurang optimal hal ini dikarenakan dalam mengajar guru hanya menggunakan metode klasikal yaitu ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Dalam memotivasi siswa strategi yang dilakukan guru juga menunjukkan hasil yang kurang optimal. Berdasarkan hasil penelitian saran yang disampaikan 1) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menunjukkan adanya strategi yang kurang optimal. Baik dalam penggunaan strategi pembelajaran efektifitas penyampaian materi pelajaran maupun dalam meningkatkan motivasi belajar siswa hendaknya diperbaiki lagi selama ini metode yang digunakan dalam mengajar hanya meggunakan strategi dan metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas saja hendaknya di waktu mendatang guru menerapkan strategi dan metode-metode belajar yang baru yang kiranya dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar supaya guru dapat lebih baik meningkatkan prestasi belajar 2) usaha guru dalam memotivasi siswa hendaknya di tingkatkan lagi karena masih banyak teknik atau cara yang dapat dipakai selain remidi hasil soal-soal latihan dan pemberian tugas kepada siswa supaya kualitas pembelajaran lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3500

Actions (login required)

View Item View Item