Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pelajaran bahasa di kelas V SD Negeri Candipuro 03 Kecamatan Candipuro Kabipateng Lumajang / Dyaristya Putri Endah Wismasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pelajaran bahasa di kelas V SD Negeri Candipuro 03 Kecamatan Candipuro Kabipateng Lumajang / Dyaristya Putri Endah Wismasari

Wismasari, Dyaristya Putri Endah (2012) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pelajaran bahasa di kelas V SD Negeri Candipuro 03 Kecamatan Candipuro Kabipateng Lumajang / Dyaristya Putri Endah Wismasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci implementasi KTSP pelajaran bahasa Pendidikan yang dilaksanakan di sekolah memiliki pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang disebut dengan kurikulum. Kurikulum bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan kondisi dan potensi daerah satuan pendidikan dan peserta didik (Efendi 2009 111). Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar sistem pendidikan nasional selalu relevan dan kompetitif. Kurikulum yang dikembangkan saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang merupakan penyempurna dari kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Seperti KBK KTSP juga berbasis kompetensi. Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah kurikulum yang pelaksanaannya dilakukan oleh satuan pendidikan itu sendiri. Menurut Efendi (2009 112) kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. SD Negeri Candipuro 03 merupakan salah satu sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memiliki misi melaksanakan pembelajaran secara efektif dan secara optimal. Walaupun masih terakreditasi B sekolah ini selalu melakukan inovasi untuk lebih berkembang kearah yang lebih baik. Inovasi itu dilakuakn dengan cara meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Sekolah ini memiliki fasilitas yang memadai seperti ruang kelas ruang perpustakaan dan ruang UKS. Memiliki tenaga pendidik yang bermutu dibuktikan dengan 80% guru yang sudah mendapatkan sertifikasi. Peneliti mengkhususkan subjek penelitian pada pelajaran bahasa. Pelajaran bahasa merupakan pelajaran yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan pelajaran lainnya. Perbedaan ini terletak pada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Hal ini mengidentifikasi bahwa belajar bahasa bukan saja belajar kosakata dan tatabahasa dalam arti pengetahuannya tetapi harus berupaya menggunakan atau mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kegiatan komunikasi. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai implementasi KTSP dalam 3 pelajaran bahasa. Pelajaran bahasa yang diajarkan di sekolah tersebut yaitu Bahasa Indonesia Bahasa Inggris dan Bahasa Daerah/Jawa. Dalam belajar bahasa dikenal keterampilan reseptif dan keterampilan produktif. Keterampilan reseptif meliputi keterampilan mendengarkan (listening) dan keterampilan membaca (reading) sedangkan keterampilan produktif meliputi keterampilan berbicara (speaking) dan keterampilan menulis (writing). Pelajaran bahasa pada dasarnya bertujuan membekali peserta didik kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien baik lisan maupun tulis. Pelajaran bahasa wajib diberikan karena dalam kehidupan sehari hari fungsi utama bahasa adalah sarana komunikasi. Bahasa dipergunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antar penutur untuk berbagai keperluan dan situasi pemakai. Seperti yang telah dipaparkan oleh Efendi (2009 13) kurikulum tingkat satuan pendidikan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip yang diantaranya relevan dengan kebutuhan hidup. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam pelajaran bahasa ditinjau dari perencanaan proses pembelajaran pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar di kelas V SD Negeri Candipuro 03 Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang komprehensif tentang implementasi KTSP dalam pelajaran bahasa di kelas V SD Negeri Candipuro 03 Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang serta bermanfaat bagi pihak-pihak sebagai berikut 1)bagi sekolah dapat digunakan sebagai pedoman untuk perbaikan dalam proses pembelajaran bahasa sebagai informasi tentang implementasi KTSP dalam pelajaran bahasa di kelas V 2) bagi guru dapat menjadi masukan dalam perencanaan pelaksanaan dan penilaian hasil kegiatan pembelajaran bahasa di kelas V 3) bagi peneliti dapat memberikan pengalaman langsung bagi peneliti untuk mengetahui implementasi KTSP dalam pelajaran bahasa di kelas V SD Negeri Candipuro 03 Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item