Perspektif proses internal bisnis sebagai alternatif pengukuran kinerja pada perusahaan industri Sandang Nusantara Unit Lawang <BR>oleh Novi Kurniawati

Kurniawati, Novi (2002) Perspektif proses internal bisnis sebagai alternatif pengukuran kinerja pada perusahaan industri Sandang Nusantara Unit Lawang <BR>oleh Novi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Padap ersaingana bad rnibrmasr ini perusahaanm enghadapil ingkungan bisnrs yang kompetitif dan turbulen, sehingga menjadikan masa depan sangat kompleks dan sulituntukd iprediksid engant epat.U ntuk mengantisipaskie adaanli ngkunganb isnis yangd emikian,p erusahaanm embutuhkans uatu alat pengukuranb aru yang sifatnya nonk euangany ang dapatm enunjangk eberhasilanp erusahaand i masay ang akan datangm, isalnyam elalui pendekatanh alanceds corecard yang di dalamnyam eliputt perspektifprosesin ternal bisnis, perspeklif customcr sertap erspektifpembelajaran danp ertumbuhanP.e nelitiani ni difokuskanp adap erspektifprosesin ternalb isnis. Dalamp erspektifi ni manajerb erusaham engidentifikasi proses-prosesp enting untuk mencapatiu juan perusahaany ang ada dalam perspektifczst()mermaupunk euangan. Tujuand arip enelitianin i adalah:( 1) untuk mengetahubi agaimanakaphe ngukuran dan tolok ukur kinerla yang digunakan proses intemal bisnis, (2) untuk mengetahui tingkatk eberhasiland an kinerja perusahaand alam mengelola sumberd aya yang dimiliki ditinjaud ari perspektifp rosesi nternalb i snis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu metode penelitian dengan cara menggambarkan dan menguraikan data relevan yang adad alamp erusahaans, ertam elakukan suatua nalisist erhadapd atat ersebutd an menelaahte ori yang melandasinya.A nalisis dan evaluasid ilakukan melalui suatu prosesp engukurany ang tepat berdasarkant olok ukur kinerja yang relevan dengan membandingkand ua penode tahun yang berbeda. Berdasarkanp erspektifprosesi nternal bisnis, perbaikany ang dilakukan dalam prosesin ternalp erusahaana kan ditujukan pada peningkatank ualitas, penekanan biayad anp engurangans iklus waktu produksi. Melalui pengukurant erhadaps emua aspÔé¼kp entingd alam prosesi nternal perusahaana, kan dapat diketahui kine{a dan pemicu kine4a dari proses peningkatan kualitas, penekanan biaya dan pengurangan siklus waktu produksi tersebut secaratepat dan komprehensif. Dari hasil pengukuran yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara umum kinerja proses internal bisnis perusahaaunn tuk periodet ahun 1999 dan 2000 cukup baik, dan secarak hususk ineria prosesin ternalb isnis perusahaanp ada tahun 2000 mengalami peningkatand ari tahun 1999. Untuk menghindari adanya penyimpangan dalam proses produksi, sebaiknya perusahaamn engurangia ktivitas-aktivitasy ang tidak bernilai tambah( non vulue added activtttes) dan meningkatkan kualitas bahan baku dalam proses produksi agar menghasilkparno dukb erkualitasb ark.S elaini tu, perusahaanjugase baiknyas egera melakukainno vasi-inovasbia ru agard apatm emenuhip ermintaand an rnemberikan kepuasakne padap elanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34989

Actions (login required)

View Item View Item