Wijayati, Erning (2024) Model hubungan tpack dan keyakinan pedagogi guru terhadap kinerja guru melalui keberterimaan teknologi / Erning Wijayati</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Wijayati Erning. 2024. ldquo Model Hubungan TPACK dan Keyakinan Pedagogi Guru terhadap Kinerja Guru melalui Keberterimaan Teknologi rdquo . Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Promotor Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed Co Promotor 1 Prof. Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Co Promotor 2 Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata Kunci TPACK Keyakinan Pedagogi Guru Kinerja Guru Keberterimaan Teknologi Guru merupakan elemen kunci keberhasilan pendidikan sehingga kinerja guru senantiasa ditingkatkan. Peserta didik merupakan muara dari sebuah sistem pendidikan menghadapi tantangan abad 21 dengan berbagai keterampilan yang diperlukan peserta didik yaitu berpikir kritis kreatif berkolaborasi berkomunikasi dan menggunakan teknologi. Implikasi dari hal tersebut guru dihadapkan pada tantangan tentang ldquo apa rdquo dan ldquo bagaimana rdquo pembelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik. Realita yang terjadi perkembangan teknologi mengubah cara belajar peserta didik sehingga guru memfasilitasi pembelajaran yang mampu meningkatkan kinerja dan memecahkan masalah belajar peserta didik. Pengintegrasian teknologi pembelajaran menggunakan kerangka kerja TPACK membantu guru membawa teknologi ke ruang kelas. Namun begitu penggunaan teknologi pembelajaran oleh guru merupakan proses yang kompleks melibatkan sikap kepercayaan pedagogis dan penerimaan terhadap teknologi. Penelitian ini bertujuan (1) Menemukan hubungan antara TPACK dan keberterimaan teknologi pada Guru IPS SMP. (2) Menemukan hubungan antara TPACK dan kinerja guru pada Guru IPS SMP. (3) Menemukan hubungan antara keyakinan pedagogi dan keberterimaan teknologi pada Guru IPS SMP. (4) Menemukan hubungan antara keyakinan pedagogi dan kinerja guru pada Guru IPS SMP. (5) Menemukan hubungan antara keberterimaan teknologi dan kinerja guru pada Guru IPS SMP. (6) Menemukan hubungan TPACK melalui keberterimaan teknologi terhadap kinerja guru pada Guru IPS SMP. (7) Menemukan hubungan keyakinan pedagogi melalui keberterimaan teknologi terhadap kinerja guru pada Guru IPS SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah descriptive explanatory. Subjeknya adalah Guru IPS SMP di Provinsi Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel di tahap pemilihan area kota/kabupaten menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 16 Kota/Kabupaten dan 875 responden. Analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan software AMOS Versi 20. Hasil penelitian memperlihatkan (1) TPACK berhubungan dengan keberterimaan teknologi Guru IPS SMP sehingga semakin tinggi keterampilan TPACK maka keberterimaan teknologi juga tinggi. (2) TPACK tidak berhubungan dengan kinerja guru IPS SMP sehingga semakin tinggi keterampilan TPACK guru tidak selalu mengakibatkan kinerja guru tinggi kecuali pada kondisi guru yang mengajar di sekolah dengan akreditasi B atau C guru GTT terakhir sarjana latar belakang pendidikan non-IPS terpadu dan lama mengajar hingga 20 tahun. (3) Keyakinan pedagogi berhubungan dengan keberterimaan teknologi Guru IPS SMP sehingga semakin tinggi keyakinan pedagogi guru keberterimaan guru terhadap teknologi juga tinggi. (4) Keyakinan pedagogi berhubungan dengan kinerja guru IPS SMP sehingga semakin tinggi keyakinan pedagogi guru keberterimaan teknologi guru IPS SMP juga tinggi. (5) Keberterimaan teknologi berhubungan dengan kinerja guru IPS SMP sehingga semakin tinggi keberterimaan teknologi kinerja guru IPS SMP juga tinggi. (6) Keberterimaan teknologi memediasi hubungan TPACK dengan kinerja Guru IPS SMP sehingga keberterimaan teknologi memperkuat hubungan antara TPACK dengan kinerja guru. (7) Keberterimaan teknologi memediasi hubungan keyakinan pedagogi dengan kinerja Guru IPS SMP sehingga keberterimaan teknologi memperkuat hubungan antara keyakinan pedagogi guru dengan kinerja Guru IPS SMP.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/349866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |