Choirudin (2022) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi etnomatematika berbantuan video dan gaya berpikir terhadap berpikir tingkat tinggi / Choirudin</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik tergantung bagaimana seorang guru mengelola pembelajaran peranan seorang guru dalam proses belajar mengajar Matematika tidak hanya memberikan informasi kepada peserta didik tetapi juga harus menerapkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan yang berorientasi kepada observasi dan eksperimen guru harus memperhatikan karakteristik peserta didik dalam belajar setiap peserta didik memiliki gaya belajar berbeda sehingga guru harus memiliki kemampuan dalam memvariasikan model pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga tidak bosan belajar. Model PBM berbantuan yang terintegrasi Etnomatematika berbantuan video Situs Purbakala Pugung Raharjo memuat konten-konten materi tetang budaya dan objek yang ada pada Situs Purbakala Pugung Raharjo dengan disajikan melalui video-video yang diterapkan pada kelas eksperimen dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) Menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajar dengan model PBM yang terintegrasi Etnomatematika berbantuan video dan PBM. (2) Menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang memiliki gaya berpikir Skuensial Konkret Skuensial Abstrak Acak Konkret dan Acak Abstrak. (3) Menguji interaksi antara model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen. Subjeknya adalah peserta didik kelas VIII MTs Ma rsquo arif Roudlotut Tholibin Metro Lampung. Penelitian ini dipilih 2 kelas yaitu 1 kelas eksperimen yang berjumlah 33 peserta didik dan 1 kelas kontrol yang juga berjumlah 33 peserta didik. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dengan materi Bangun Ruang Sisi Datar. Variabel independen dalam penelitian ini adalah model PBM yang terintegrasi etnomatematka berbantuan video variabel dependen adalah berpikir tingkat tinggi dan variabel moderator adalah gaya berpikir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tentang materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMP dan angket gaya berpikir peserta didik. Analisis data hubungan dan interaksi antar variabel menggunakan Uji Anova dua jalur. Hasil penelitian memperlihatkan (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara peserta didik yang diajar dengan model PBM yang terintegrasi Etnomatematika berbantuan video dan yang diajar secara PBM. (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik yang memiliki gaya berpikir berbeda. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/349849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |