Pengelolaan program dokter kecil di Sekolah Dasar Negeri Sukun 1 Malang / Haris Mashudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan program dokter kecil di Sekolah Dasar Negeri Sukun 1 Malang / Haris Mashudi

Mashudi, Haris (2013) Pengelolaan program dokter kecil di Sekolah Dasar Negeri Sukun 1 Malang / Haris Mashudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengelolaan program dokter kecil. Kesehatan merupakan salah satu hal penting yang paling mendasar dalam kebutuhan manusia karena sehat merupakan modal utama untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas produktif dan mempunyai etos kerja yang tinggi sehingga dapat memanfaatkan segala potensi yang dimiliki. Program dokter kecil merupakan upaya pendekatan edukatif dalam rangka mewujudkan perilaku sehat diantaranya perilaku kebersihan perorangan dimana anak didik dilibatkan dan diaktifkan sebagai pelaksananya.Tujuan dokter kecil meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah di rumah dan lingkungannya dan siswa dapat menolong dirinya sendiri sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan program dokter kecil di SDN Sukun 1 Malang (2) pelaksanaan program dokter kecil di SDN Sukun 1 Malang (3) evaluasi program dokter kecil di SDN Sukun 1 Malang (4) faktor penghambat dan cara mengatasinya dalam pengelolaan program dokter kecil di SDN Sukun 1 Malang (5) faktor pendukung dalam pengelolaan program dokter kecil di SDN Sukun 1 Malang. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukun 1 Malang karena merupakan salah satu SD yang menyelenggarakan program dokter kecil. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipasi dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi ditafsirkan dan dianalisis untuk menyusun konsep dan abstraksi temuan lapangan. Kredibilitas data dicek dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Temuan penelitian ini yaitu (1) Perencanaan program dokter kecil yang ada di SDN Sukun 1 Malang antara lain (a) merencanaan program UKS yang dilaksanakan pada awal tahun pelajaran yang disusun atau dibuat oleh Tim Pembina UKS bersama dewan guru dan komite sekolah melalui rapat pengurus yang diadakan sebelum tahun ajaran baru (b) Hasil yang didapat dalam perencanaan program UKS adalah tri program UKS yang dikenal sebagai TRIAS UKS yaitu pendidikan kesehatan pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan dan pemeliharaan kesehatan sekolah (c) program dokter kecil di SDN Sukun 1 Malang yaitu mengembangkan kemampuan para kader untuk berperan dalam pelayanan kesehatan seperti mengontrol jentik nyamuk atau jumantik pola hidup bersih dan sehat kegiatan jumat bersih dan ketrampilan mengamati dan memelihara kebersihan diri seperti rambut kulit kuku telinga dan gigi dan (d) pengadaan anggaran dalam menjalankan kegiatan ataupun program-program yang direncanakan berasal dari dana BOS (2) Pelaksanaan program dokter kecil yang ada di SDN Sukun 1 Malang antara lain (a) setiap sekolah harus mempunyai i kader tiwisada yang bertujuan untuk menunjang keberhasilan program UKS dan memperingankan pembina UKS dalam meningkatkan kemampuan hidup sehat dan membentuk perilaku hidup sehat (b) adanya pemberian pelatihan dan materi yang diberikan kepada kader dokter kecil di SDN Sukun 1 Malang dari puskesmas dan pembina UKS (c) pelaksanaan program dokter kecil pembina UKS menerapakan sistem jaga piket dalam setiap pelaksanaan program dokter kecil (d) pelaksanaan kegiatan mengenai imunisasi sekolah bekerja sama dengan puskesmas (3) Evaluasi program dokter kecil yang ada di SDN Sukun 1 Malang antara lain (a) supervisi yang dilakukan di SDN Sukun 1 Malang adalah memberikan arahan secara langsung dengan memberikan nasehat-nasehat yang dapat membangkitkan dan memotivasi (b) monitoring yang dilakukan di SDN Sukun 1 Malang berupa milihat secara langsung program atau kegiatan yang sudah berjalan dan mencatat seluruh hasil pelaksanaan program yang nantinya dapat dijadikan pedoman dalam penyempurnaan program dan dapat mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program tersebut (c) evaluasi yang dilakukan di SDN Sukun 1 Malang adalah evaluasinya berupa laporan dan tindakan untuk memperbaikinya dan (d) pelaporan kegiatan dilakukan sebagai bahan evaluasi yang disusun setiap 6 bulan sekali dan 1 tahun sekali yang nantinya akan dikirim kepada puskesmas dan sektap (kesekretariatan tetap) kecamatan untuk bahan evaluasi (4) Faktor penghambat dan cara mengatasinya dalam pengelolaan program dokter kecil adalah kurangnya partisipasi wali murid dalam pelayanan kesehatan di sekolah dalam mengatasi hambatan tersebut sekolah dan puskesmas memberikan penjelasan dan penyuluhan secara langsung kepada wali murid. Jika ada masalah mengenai biaya operasional program UKS sekolah mencoba memecahkan masalah tersebut dengan mengoptimalkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan pemerintah dan dana partisipasi paguyuban sekolah dan (5) Faktor yang mendukung program dokter kecil yang ada di SDN Sukun 1 Malang adalah kerjasama yang baik dengan semua warga sekolah serta intansi terkait seperti puskesmas dan dana yang memadai untuk pendanaan program UKS. Berdasarkan kesimpulan atau hasil temuan penelitian berikut ini dikemukakan saran bagi pihak terkait yaitu (1) kepala SDN Sukun 1 Malang diharapakan kegiatan perencanaan dokter kecil harus dilakukan secara terperinci dan teliti karena kegiatan program dokter kecil dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa dan sekolah apabila dikelola dengan baik (2) Dinas Pendidikan Dinas Kesehatan Kota Malang diharapkan untuk lebih memberikan dukungan pada sekolah-sekolah lainya untuk pengembangan UKS khususnya dalam program dokter kecil (3) guru pembina UKS lebih memotivasi dan memberikan bimbingan kepada siswa dalam pelaksanaan kegiatan dokter kecil (4) kader dokter kecil diharapkan untuk lebih aktif dalam kegiatan dokter kecill agar menambah wawasan dan pengetahuan akan kesehatan dan kebersihan. (5) orang tua dan masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi dan menjadi pendukung dari program-program kesehatan yang ada di sekolah dan (7) peneliti lain hendaknya para peneliti lain agar dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain dengan latar yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3498

Actions (login required)

View Item View Item