Rochayatun, Sulis (2023) Model corporate social responsibility berbasis spiritual Islam / Sulis Rochayatun</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Implementasi Corporate Social Responsibility berdasarkan hasil penelitian terdahalu masih banyak menjadi perdebatan apakah hanya sebuah bentuk philanthropy saja atau berkaitan dengan hal yang justru terkait dengan bisnis perusahaan Kajian tentang CSR berikutnya dikaitkan dengan spiritual Islam. Kajian ini didasarkan pada pentingnya nilai-nilai spiritual Islam dalam perusahaan keluarga yang dapat menjadi dasar pengambilan keputusan termasuk dalam tanggungjawab sosial perusahaan. Penelitian ini berupaya meleburkan berbagai perspektif yang ada untuk membuat model baru tentang CSR. Mayangkara Grup merupakan sebutan untuk bisnis keluarga dari usaha kecil yang terus berkembang menjadi beberapa unit bisnis dengan berbagai skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di Blitar Mayangkara Grup adalah pemberi CSR terbesar. Pelaksanaan CSR di Mayangkara Grup yang sudah tertata rapi dengan berbagai program baik yang rutin maupun insidential menarik untuk dilakukan kajian lebih mendalam. Fokus penelitian ini adalah untuk memaknai (1) konsep bisnis (2) konsep philanthropy (3) konsep spiritual di Mayangkara Grup (4) implementasi CSR Mayangkara Grup (5) kebermanfaatan CSR Mayangkara Grup bagi pemberdayaan UMKM (6) memaknai CSR Mayangkara Grup dari perspektif bisnis philanthropy dan spiritual Islam (7) CSR dan keberlanjutan usaha Mayangkara Grup (8) konstruksi model CSR berbasis spiritual Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi peneliti hadir sebagai intrumen penelitian dengan subyek penelitian adalah CSR Mayangkara Grup yang mengandung nilai bisnis philnthropy dan spiritual Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada informan terpilih baik dari internal maupun eksternal perusahaan dan observasi dilapangan. Analisis dan penafsiran data melalui proses sebagai berikut (1) Mereduksi dan kategorisasi data dilakukan untuk memperoleh temuan dan simpulan sementara terkait impelentasi CSR di Mayangkara Grup (2) Melakukan analisis komponensial sebagai upaya pencarian secara sistematik terhadap sifat-sifat komponen berkaitan dengan kategori-kategori ldquo fokus rdquo yang ditemukan (3) Melakukan penafsiran/interpretasi data dan menyajikan kembali ke dalam model CSR Berbasis Spiritual Islam Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) di Mayangkara Grup berdasarkan pada prinsip memberikan tepat guna dan tepat sasaran. CSR yang dijalankan diberikan baik kepada internal maupun eksternal perusahaan dan diwujudkan dalam beberapa program yang bersifat rutin maupun insidentil. CSR Mayangkara Grup dimaknai berdasarkan landasan spiritual Islam yang berpedoman pada Al Quran yaitu (1) Teori tentang zakat (QS. At Taubah 60) Konsep kebajikan (QS Al Baqarah 177) (3) Dasar penerima Infaq (QS Al- Baqarah 215) (4) Konsep keadilan (QS An Nahl 90) dan (5) Kalimat thoyyibah (QS Ibrahim 24-25). CSR Mayangkara Grup dimaknai tidak pure bisnis pure philanthropy ataupun pure spiritual Islam tetapi mengkonstruksi ketiga perpektif tersebut. CSR yang dijalankan dimaknai mendatangkan keberkahan yang mengantarkan bisnis keluarga terus berkelanjutan dan meraih keberlanjutan usaha secara ekonomi sosial dan lingkungan. Penelitian ini menghasilkan model CSR berbasis Spiritual Islam yang terdiri dari 4 unsur pokok yaitu (1) Landasan spiritual Islam dari keyakinan pemilik dengan berpedoman pada tuntuan Al-Quran (2) Investasi yang terdiri dari enam pilar yaitu pemilik manajemen peraturan modal sarana dan prasarana dan lingkungan (3) Kinerja yang merupakan proses penumbuhan kesadaran (4) Output yaitu CSR berbasis spiritual Islam dengan dimensi adil ihsan manfaat dan amanah. Temuan penelitian berupa Model CSR berbasis spiritual Islam dengan dimensi adil ihsan manfaat dan amanah memberikan kontribusi secara teoritis maupun praktis. Kontribusi secara teoritis mengembangkan Teori Piramida CSR dan Konsep I-CSR dan menghasilkan model baru yaitu CSR Berbasis Spiritual Islam. Adapun kontribusi secara praktis dapat menjadikan tuntunan bagi pelaku bisnis (UMKM) untuk melakukan CSR dengan mengimplementasikan dimensi adil ihsan amanah dan manfaat sehingga akan memperoleh keberkahan yang mengantarkan pada keberlanjutan bisnis. Hasil penelitian memberikan inspirasi bagi penelitian berikutnya untuk melakukan kajian secara kuantitatif dengan menguji model yang telah dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S3 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/349753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |