Nikmah, Farika (2022) Resourced based view, market orientation, implementasi teknologi informasi, dan efektuasi sebagai upaya Internasionalisasi UKM dengan networking capability sebagai pemoderasi / Farika Nikmah</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Internasionalisasi UKM merupakan upaya untuk penetrasi pasar yang lebih luas memperoleh keunggulan kompetitif untuk menguatkan posisi bersaing serta merupakan pilihan kebijakan yang patut dipertimbangkan pada era globalisasi ini. Strategi-strategi yang dapat diambil sebagai upaya internasionalisasi UKM adalah resourced based view market orientation implementasi teknologi informasi efektuasi dimana strategi-strategi ini dilakukan dengan mengeksplorasi dan mengeksploitasi sumber daya internal UKM dan strategi networking capability sebagai sumber daya eksternal UKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh resourced based view market orientation implementasi teknologi informasi efektuasi dan networking capability terhadap internasionalisasi UKM dan pengaruh tidak langsung antar variabel-variabel tersebut dengan networking capability sebagai pemoderasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu sebuah pendekatan yang dimulai dengan merancang hipotesis dengan berdasar pada kajian literatur dan empiris mengumpulkan data menganalisis data kemudian hasil analisis dikomparasi dengan tinjauan literatur empiris dan kondisi riil/fenomena yang terjadi pada obyek penelitian untuk menjadi sebuah temuan penelitian. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah UKM se-Jawa Timur yang memiliki upaya untuk internasionalisasi dengan data diperoleh dari kantor Export Center Surabaya yaitu sebuah lembaga bentukan Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Timur dan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) yang bertugas melakukan pendampingan dan konsultasi kepada UKM guna memenuhi standar yang diinginkan negara tujuan ekspor. UKM yang terdata di kantor Export Center Surabaya sebanyak 1346 UKM dan dihitung dengan kalkulator online diperoleh sampel sebanyak 300 UKM. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM PLS yaitu untuk mengetahui validitas reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resourced based view market orientation implementasi teknologi informasi efektuasi dan networking capability terhadap internasionalisasi UKM berpengaruh positif dan signifikan. Sementara networking capability sebagai pemoderasi mampu menguatkan pengaruh resourced based view market orientation terhadap internasionalisasi UKM. Sementara pada hubungan efektuasi terhadap internasionalisasi UKM networking capability sebagai pemoderasi berposisi melemahkan yaitu menghasilkan koefisien bernilai negatif dengan nilai t-statistik lebih besar dari t-tabel. Sementara networking capability sebagai pemoderasi tidak memberikan kontribusi pada hubungan implementasi teknologi informasi terhadap internasionalisasi UKM yang ditunjukkan dengan nilai t-statistik lebih kecil dari t-tabel. Pada penelitian ini networking capability sukses menjadi variabel eksogen dan tidak cocok jika diterapkan sebagai pemoderasi pada hubungan implementasi teknologi informasi terhadap internasionalisasi UKM. Penelitian ini menjawab gab yang selama ini ada sekaligus sebagai temuan atau novelty. Bahwa pada beberapa penelitian sebelumnya hanya membahas networking capability sebagai variabel eksogen pada pengaruh internasionalisasi UKM pada penelitian ini networking capability diposisikan tidak hanya sebagai variabel eksogen namun juga sebagai pemoderasi. Beberapa penelitian sebelumnya juga hanya membahas peran strategi resourced based view market orientation implementasi teknologi informasi dan efektuasi pada upaya pegembangan UKM pada penelitian kali ini sesuai dengan tuntutan pasar dan globalisasi bahwa UKM harus meluaskan pasar sampai ke pasar luar negeri maka UKM yang cenderung tidak bisa mandiri dalam menjalankan bisnisnya ternyata beberapa strategi yang telah disebutkan di atas perlu ada keterlibatan networking capability jika UKM-UKM ini memiliki upaya untuk internasionalisasi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S3 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/349752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |