Model resiliensi akademik mahasiswa ditinjau dari regulasi diri, gaya pengasuhan otoritatif dan dukungan sosial melalui efikasi diri. / Estalita Kelly</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Model resiliensi akademik mahasiswa ditinjau dari regulasi diri, gaya pengasuhan otoritatif dan dukungan sosial melalui efikasi diri. / Estalita Kelly</p>

Kelly, Estalita (2023) Model resiliensi akademik mahasiswa ditinjau dari regulasi diri, gaya pengasuhan otoritatif dan dukungan sosial melalui efikasi diri. / Estalita Kelly</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah ada hubungan antara (1) regulasi diri gaya pengasuhan otoritatif dan dukungan sosial dengan resiliensi akademik siswa melalui efikasi diri (2) efikasi diri dan resiliensi akademik siswa (3) regulasi diri dengan resiliensi akademik siswa (4) gaya pengasuhan otoritatif dengan resiliensi akademik siswa (5) dukungan sosial dengan resiliensi akademik siswa (6) regulasi diri dengan resiliensi akademik siswa melalui efikasi diri (7) gaya pengasuhan otoritatif dengan resiliensi akademik siswa melalui efikasi diri (8) dukungan sosial dengan resiliensi akademik siswa melalui efikasi diri. Data dikumpulkan dari sampel sebanyak 424 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling di Universitas Yudharta Pasuruan Jawa Timur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model persamaan struktural. Hasil pertanyaan pertama menunjukkan bahwa regulasi diri pola asuh otoritatif dan dukungan sosial secara simultan berpengaruh terhadap resiliensi akademik siswa melalui efikasi diri hal ini menunjukkan terdapat kesesuaian model resiliensi akademik siswa. Evaluasi analisis model persamaan struktural pada pertanyaan kedua ketiga dan keempat ditemukan bahwa efikasi diri regulasi diri dan gaya pengasuhan otoritatif berhubungan positif dan signifikan dengan resiliensi akademik siswa. Mereka memengaruhi resiliensi akademik mahasiswa. Sedangkan pada pertanyaan kelima menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik mahasiswa yang dapat diartikan bahwa dukungan sosial tidak berpengaruh terhadap resiliensi tersebut. Pertanyaan keenam dan ketujuh menunjukkan bahwa regulasi diri dan gaya pengasuhan otoritatif tidak berhubungan secara signifikan dengan resiliensi akademik melalui efikasi diri. Hal ini menunjukkan bahwa efikasi diri tidak berperan dalam hubungan antara regulasi diri gaya pengasuhan otoritatif dengan resiliensi akademik. Pertanyaan kedelapan menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dan resiliensi akademik melalui efikasi diri. Ini menunjukkan bahwa efikasi berperan sebagai mediator dalam hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik. Penelitian tentang peran efikasi diri pada mahasiswa masih terbatas oleh karena itu penelitian lebih lanjut untuk mempelajari dan memahami faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan resiliensi akademik mahasiswa menjadi penting terutama untuk mengatasi stres yang tinggi sebagai upaya meningkatkan resiliensi akademik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349721

Actions (login required)

View Item View Item