Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya Suku sahu di Halmahera Barat / Djulaiha Gaus</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya Suku sahu di Halmahera Barat / Djulaiha Gaus</p>

Gaus, Djulaiha (2021) Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya Suku sahu di Halmahera Barat / Djulaiha Gaus</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Djulaiha Gaus 2021 Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Suku Sahu di Halmahera Barat. Disertasi Program Studi S3 Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Nur Eva S.Psi M.Psi. Kata kunci nilai-nilai budaya suku Sahu pendidikan karakter Kajian ini didasari oleh pentingnya pengkajian nilai budaya suku Sahu dalam menghadapi perubahan jaman. Berbagai budaya baru yang terasimilasi dalam berbagai bentuk diduga membawa perubahan terutama dalam tata perilaku ekonomi masyarakat suku Sahu. perlu dilakukan kajian mendalam tentang nilai budaya suku Sahu terutama dalam perspektif pendidikan karakter. Fokus penelitian diarahkan pada telaah mendalam mengenai nilai-nilai budaya yang membangun pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di suku Sahu yang mendiami kecamatan Sahu Sahu Timur dan Jailolo. Penelitian mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory. subjek penelitian ini adalah masyarakat suku Sahu di kabupaten Halmahera Barat. Penelitian ini berkaitan dengan topik fenomena pendidikan karakter nilai-nilai budaya suku Sahu. karena fenomena ini melekat pada suku Sahu maka responden yang akan dikenal penelitian adalah seluruh orang di Sahu di tiga kecamatan. Pada tahap selanjutnya dalam analisis axial dan selectif coding peneliti memilih beberapa kepala suku di Sahu untuk mewakili nilai-nilai budaya suku Sahu. Sumber data lain dalam penelitian yang dapat digunakan yakni kepustakaan meliputi buku teks dokumen sejarah jurnal situs internet dan lain-lain. Analisis data yang digunakan dalam pendekatan grounded theory terdapat tiga tahap yaitu pengkodean terbuka (open coding) pengkodean poros (axial coding) Pengkodean selektif ( selective coding). Hasil penelitian menunjukkan fenomena yang tampak dalam nilai budaya suku Sahu mencakup (1) Nilai filosofi ornament rumah adat sasadu tradisi orom toma sasadu dan ritual rion-rion yang ditransefr dengan cara cerita pengalaman para leluhur diri sendiri dan pengajaran langsung. (2) orang Sahu memaknai nilai-nilai budayanya secara umum dalam bentuk kebiasaan (habbit) hidup dalam perilaku. Menghormati orang lain bersyukur Kerjasama mandiri hidup harmonis dengan alam tolong menolong kerja keras rajin dan gotong royong.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349718

Actions (login required)

View Item View Item