Model perkembangan identitas religious siswa: pengaruh dukungan riligius teman sebaya, guru sebagai model peran dan persepsi terhadap kepedulian guru. / Mohhammad Bisri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Model perkembangan identitas religious siswa: pengaruh dukungan riligius teman sebaya, guru sebagai model peran dan persepsi terhadap kepedulian guru. / Mohhammad Bisri</p>

Bisri, Mohammad (2023) Model perkembangan identitas religious siswa: pengaruh dukungan riligius teman sebaya, guru sebagai model peran dan persepsi terhadap kepedulian guru. / Mohhammad Bisri</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bisri Mohammad. 2023. Model Perkembangan Identitas Religious siswa Pengaruh Dukungan Riligius Teman Sebaya Guru Sebagai Model Peran dan Persepsi Terhadap Kepedulian Guru. Program Doktor Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang. Dibawa bimbingan Prof. Dr. Fattah Hanurawan Msi. M.Ed. Dr.Tutut Chusniah M.Si. Dr. Nur Eva S.Psi. M.Psi. Kata kunci identitas religius dukungan religius teman sebaya guru sebagai model peran persepsi terhadap kepedulian guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model perkembangan identitas religius siswa dengan faktor yang memengaruhinya antra lain dukungan religius teman sebaya guru sebagai model peran dan persepsi terhadap kepedulian guru. Subjek penelitian adalah siswa-siswi SMAN dan mahasiswa di kota Malang berjumlah 396 orang yang dipilih secara purposif sesuai dengan karakteristik populasi yakni muslim berusia 18 - 25 tahun sedang sekolah/kuliah dimalang. Disain penelitian yang digunakan adalah korelasional. Sedangkan teknik analisisnya dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Untuk mengumpulkan data digunakan Skala perkembangan identitas religius yang diadaptasi dari Bertram-Troost deRoos dan Miedema (2009) Skala Dukungan Religius Teman yang diadaptasi dari PFS-F Schwartz (2006) Skala Guru sebagai Model Peran yang diadaptasi dari PFS-P Schwartz (2006) dan Skala Persepsi Terhadap Kepedulian Guru yang dikembangkan oleh King dan Chan (2011). Adaptasi skala dengan menggunakan prosedur yang disarankan Beaton dkk.(2002). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembentukan identitas religius siswa yang dipengaruhi oleh dukungan religius teman sebaya guru sebagai model peran dan persepsi terhadap kepedulian guru terhadap pembentukan identitas religius siswa terbukti fit. Selain itu dukungan religius teman sebaya guru sebagai model peran dan persepsi terhadap kepedulian guru berpengaruh secara simultan terhadap identitas religius siswa. Secara parsial dukungan religius teman sebaya dan persepsi terhadap kepedulian guru berpengaruh signifikan terhadap identitas religius siswa. Sedangkan guru sebagai model peran tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pengembangan pendidikan agama di sekolah khususnya dalam hal meningkatkan kualitas interaksi antara siswa dan guru serta antara siswa dan teman sebaya yang dapat mendukung pembentukan identitas religius yang positif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349716

Actions (login required)

View Item View Item