Model persepsi kinerja akademik siswa SMA ditinjau dari modal psikologi dan kualitas kehidupan Sekolah dengan keterlibatan akademik sebagai mediator / Istiqomah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Model persepsi kinerja akademik siswa SMA ditinjau dari modal psikologi dan kualitas kehidupan Sekolah dengan keterlibatan akademik sebagai mediator / Istiqomah</p>

Istiqomah (2022) Model persepsi kinerja akademik siswa SMA ditinjau dari modal psikologi dan kualitas kehidupan Sekolah dengan keterlibatan akademik sebagai mediator / Istiqomah</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqomah 2022. Model Persepsi Kinerja Akademik Siswa SMA Ditinjau dari Modal Psikologi dan Kualitas Kehidupan Sekolah Dengan Keterlibatan Akademik Sebagai Mediator. Desertasi. Progam Studi Psikologi Pendidikan. Progam Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof Dr. Bambang Budi Wiyono MPd. (2) Dr. Hetti Rahmawati M.Si. (3) Dr. Tutut Chusniah M.Si Kata Kunci persepsi kinerja akademik keterlibatan akademik modal psikologi kualitas kehidupan sekolah Pendidikan merupakan tolak ukur keberhasilan suatu bangsa. Indikator dari keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari kinerja akademik yang ditunjukkan siswa. Persepsi kinerja akademik siswa akan meningkatkan kinerja akademik. Kinerja akademik memiliki dampak positif pada karier siswa dan rencana pendidikan. Kinerja akademik bermanfaat bagi stakeholder dalam membuat keputusan pendidikan dan penentuan penilaian pada siswa. Disamping itu kinerja akademik juga menjadi landasan dalam pengembangan progam sekolah bagi siswa. Kinerja akademik merupakan nilai siswa pada ujian akhir berdasarkan teori penilaian praktis dan internal. Beberapa ahli kurang sependapat jika kinerja akademik hanya ditunjukkan dari nilai yang merupakan hasil pembelajaran. Selanjutnya kinerja akademik dimaknai sebagai pencapaian hasil akademik yang terdiri dari cognitive skill perilaku akademik dan prestasi akademik yang ditunjukkan dengan nilai pembelajaran siswa. Pengukuran kinerja akademik siswa SMA tidak cukup hanya menekankan dimensi kognitif yang berupa nilai hasil pembelajaran tetapi perlu mempertimbangkan aspek non kognitif siswa. Persepsi kinerja akademik merupakan persepsi mengenai capaian kinerja akademik yang merupakan cerminan dari respon yang dihadapi dalam kaitannya dengan keyakinan dan kompetensi siswa disekolah dengan mengintregasikan pengetahuan dan keterampilan dalam mencapai kesuksesan akademik siswa. Model kinerja akademik yang telah dikembangkan adalah model kinerja akademik oleh Carmona-Halty dkk dengan variabel emosi positif modal psikologi dan keterlibatan akademik dalam memprediksi kinerja akademik siswa. Mart iacute nez dkk memformulasikan model kinerja akademik dengan keterlibatan akademik dan modal psikologi sebagai mediator. Teori yang mendasari adalah teori social cognitive theori. Model ini kurang sesuai jika diterapkan pada siswa SMA di Indonesia karena sekolah di Indonesia terdiri dari sekolah dengan akreditasi yang berbeda beda. Model persepsi kinerja akademik yang di kembangkan peneliti melengkapi dari model yang dikembangkan oleh Martinez berdasarkan teori sosial kognitif dengan konsep triadic dan menambahkan faktor lingkungan berupa kualitas kehidupan sekolah. Dalam penelitian ini yang dimaksud persepsi kinerja akademik siswa adalah persepsi mengenai capaian kinerja akademik yang merupakan cerminan dari respon yang dihadapi dalam kaitannya dengan keyakinan dan kompetensi siswa disekolah dengan mengintregasikan pengetahuan dan keterampilan dalam mencapai kesuksesan akademik siswa Kinerja akademik siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor kognitif dan non kognitif. Faktor kognitif yaitu kemampuan intelektual siswa. Faktor non kognitif terdiri dari modal psikologi dan keterlibatan akademik. Faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja akademik siswa adalah lingkungan siswa di sekolah yaitu kualitas kehidupan sekolah Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Alasan menggunakan teknik sampling Cluster random sampling yaitu penelitian ini dilaksanakan di Malang dimana terdiri dari kabupaten Malang kota Malang dan Batu. jumlah sampel yang digunakan 504 siswa. Analis data penelitian menggunaan structural equation model (SEM) dengan bantuan sofware Mplus. Hasil analisis menunjukkan model fit dengan hasil nilai chi square 16861 p lt 0 001 meskipun nilai p lt 0 005 tetapi bisa menggunakan parameter yang lainnya yaitu RMSEA 0 067 CFI 0 792 TLI 0 787 dan SRMR 0 066. Berdasarkan nilai parameter model fit cukup bukti untuk menyatakan model ini fit meskipun nilai CFI dan TLI dibawah 0 90. Hal ini dikarenakan parameter model fit berupa incremental fit index (CFI dan TLI) tidak ideal untuk menguji model yang komplek Hasil pengujian hipotesis minor sebagai berikut (1) tidak ada hubungan antara modal psikologi dengan persepsi kinerja akademik secara langsung. (2) Modal psikologi berhubungan tidak langsung dengan persepsi kinerja akademik siswa. (3) kualitas kehidupan sekolah tidak berhubungan secara langsung dengan persepsi kinerja akademik siswa. (4) Kualitas kehidupan sekolah berhubungan tidak langsung dengan kinerja akademik siswa. (5) Modal psikologi berhubungan dengan keterlibatan akademik. (6) Kualitas kehidupan sekolah berhubungan dengan keterlibatan akademik. (7) Keterlibatan akademik berhubungan langsung dengan kinerja akademik. Hubungan modal psikologi dengan persepsi kinerja akademik siswa dimediasi oleh keterlibatan akademik peran mediasi sebesar 0 247. Hubungan Kualitas kehidupan sekolah dengan persepsi kinerja akademik siswa dimediasi oleh keterlibatan akademik siswa peran mediasi sebesar 0 460. Total Variabel kualitas kehidupan sekolah dengan kinerja akademik siswa sebesar 0 396 sedangkan variabel modal psikologi memiliki pengaruh secara total sebesar 0 076 .

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349707

Actions (login required)

View Item View Item