Efekttifitas teknik desensitisasi sistematis terhadap penurunan kecemasan matematika siswa SMA Muhammadiyah Jember /Nasruliyah Hikmatul Maghfiroh</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efekttifitas teknik desensitisasi sistematis terhadap penurunan kecemasan matematika siswa SMA Muhammadiyah Jember /Nasruliyah Hikmatul Maghfiroh</p>

Maghfiroh, Nasruliyah Hikmatul (2022) Efekttifitas teknik desensitisasi sistematis terhadap penurunan kecemasan matematika siswa SMA Muhammadiyah Jember /Nasruliyah Hikmatul Maghfiroh</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maghfiroh Nasruliyah Hikmatul. 2021. Efekttifitas Teknik Desensitisasi Sistematis Terhadap Penurunan Kecemasan Matematika Siswa SMA Muhammadiyah jember. Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang. Promotor (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. Kata kunci Desensitisasi Sistematis Kecemasan Matematika Kecemasan pada matematika merupakan reaksi emosional perasaan tidak nyaman tegang cemas dan gangguan yang dialami ketika menghadapi masalah matematika dalam berbagai kehidupan sehari-hari yang menyebabkan siswa menghindari matematika dalam mempelajarinya karena adanya perasaan tertekan ketika dihadapkan dengan masalah dan dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan dan belum diatasi. Siswa dengan kecemasan matematika ditandai dengan reaksi emosional seperti perasaan tidak nyaman tegang cemas dan gangguan yang dialami ketika menghadapi masalah matematika dalam berbagai kehidupan sehari-hari yang belum terselesaikan menyebabkan siswa menghindari matematika yakni adanya perilaku menghindar adanya perasaan tertekan ketika dan biasanya dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu yang belum diatasi sehingga membentuk dogma atau pemikiran negatif. Siswa dengan kecemasan matematika perlu diberikan penanganan karena jika tidak diberikan akan mengakibatkan permasalahan yang panjang misalnya tertinggalnya siswa dalam pelajaran matematika siswa selalu menghindari hal-hal yang berhubungan dengan matematika siswa akan sering membolos dan mengakibatkan tidak naik kelas. Salahsatu penangan dalam kecemasan matematika yakni diberikan desensitisasi sistematis (DS) dimana merupakan tehnik untuk menurunkan kecemasan dengan cara pengkondisian klasik (classical conditioning) dalam bentuk program terapeutik di mana subjek dihadapkan pada situasi-situasi yang membangkitkan kecemasan dipasangkan dengan respons-respons penghambat untuk menenangkan subjek dari ketegangan yang dialami dengan cara mengajarkan subjek untuk rileks rdquo . Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas Desensitisasi Sistematis (DS) terhadap penurunan kecemasan matematika pada siswa SMA Muhammadiyah Jember. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen study kasus tunggal dengan desain multiple baseline jenis across subjek. Adapun populasi dari penelitianini kelas satu dan dua kemudian diberikan skala kecemasan matematika hasilnya terdapat empat subjek penelitian yang mengalami kecemasan matematika yang tinggi. Instrument yang dipakai dalam penelitian ini yaitu skala kecemasan matematika dan modul desensitisasi sistematis. Adapun analisis data yang digunakan yakni dengan visualisasi grafik dimana data digambarkan dalam sebuah grafik dengan melihat trend tingkat dan stabilitas data yang dinilai dengan membandingkan apakah ada perubahan sebelum intervensi dan setelah intervensi dilakukan. Dengan melihat pengaruh intervensi yang diberikan pada beberapa individu yang diawali dengan melihat keadaan awal perilaku individu dengan menggunakan skala kecemasan sebagai pretes kemudian dilanjutkan dengan pengambilan baseline menggunakan self report. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian treatmen dan diukur menggunakan self report. Setelah treatment dihentikan baru diukur kembali menggunakan skala kecemasan sebagai postes. Adapun hasil penelitian ini dianalisis dan divisualisasikan dalam sebuah grafik. Dari hasil terlihat pada baseline hingga intervensi keempat subjek kecemasan turun hingga kecemasan rendah. Kemudian setelah intervensi diukur kembali dan hasilnya bertahan pada kecemasan rendah. Hal ini membuktikan bahwa desensitisasi sistematis (DS) efektif dalam menurunkan kecemasan matematika pada subjek penelitian. Penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi semua orang khususnya subjek penelitian. Adapun saran penelitian bagi peneliti selanjutnya hendaknya penelitian dilakukan dengan berbagai macam subjek yang tersebar dibeberapa sekolah dan daerah agar kebermanfaat treatament dapat dirasakan oleh kalangan luas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349698

Actions (login required)

View Item View Item