Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan kebiasaan belajar sebagai variabel kontrol pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang / Fitria Nugraheni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan kebiasaan belajar sebagai variabel kontrol pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang / Fitria Nugraheni

Nugraheni, Fitria (2018) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan kebiasaan belajar sebagai variabel kontrol pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang / Fitria Nugraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraheni Fitria. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar dengan Kebiasaan Belajar sebagai Variabel Kontrol pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA. Pembimbing (2) Hj. Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Motivasi Belajar Prestasi Belajar Kebiasaan Belajar Variabel Kontrol Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat prestasi belajar siswa diantaranya adalah motivasi belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar akan mencari cara untuk mencapai tujuan belajarnya. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan mencari kebiasaan belajar yang tepat yang sesuai dengan karakter masing-masing peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik dengan kebiasaan belajar sebagai variabel kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk penelitian eksplanasi (explanation research). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 60 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi dummy. Hasil dari analisis model pertama menunjukkan bahwa 66 6% perubahan dalam prestasi dipengaruhi oleh motivasi belajar dan hasil analisis dari model kedua menunjukkan bahwa 71 8% perubahan dalam prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kebiasaan belajar. Karena pengaruh dari model kedua lebih besar daripada model pertama maka dapat dikatakan bahwa kebiasaan belajar dapat digunakan sebagai variabel kontrol. Analisis selanjutnya menjelaskan bahwa perbedaan tingkat prestasi belajar dapat dilihat dari perbedaan kebiasaan belajar yang menunjukkan bahwa kebiasaan belajar individu lebih tinggi sebesar 7 835 dibandingkan dengan prestasi belajar pada kebiasaan belajar kelompok. Sehingga kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan kebiasaan belajar sebagai variabel kontrol dimana peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar secara individu memiliki nilai yang lebih tinggi daripada peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar kelompok. Saran yang diajukan peneliti adalah (1) guru lebih memotivasi secara ekstrinsik dan menanamkan pentingnya belajar pada peserta didik. Serta pembentukan kelompok hendaknya disertai dengan pemberian tugas dan tanggungjawab yang jelas. (2) Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian serupa dengan mengganti atau menambahkan variabel bebas maupun variabel kontrol yang mungkin memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Selain itu penambahan jumlah sampel juga bisa dilakukan untuk meningkatkan validitas penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34965

Actions (login required)

View Item View Item