Tantono, Theodorus Anggi (2018) Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi dasar siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Kepanjen / Theodorus Anggi Tantono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Tantono Theodorus Anggi. 2017. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Di SMK Kepanjen. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Sulastri S.Pd M.SA Kata Kunci lingkungan sekolah motivasi prestasi belajar Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Kepanjen. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Kepanjen. Asumsi penelitian yaitu (1) perilaku dan minat terhadap pelajaran akuntansi bisa dilihat dari lingkungan sekolah siswa (2) motivasi yang didapat dari dalam diri (internal) ataupun dari luar (eksternal) mempengaruhi prestasi belajar dan (3) nilai siswa dalam mata pelajaran akuntansi yang tercantum dalam nilai UAS benar-benar mencerminkan hasil belajar siswa yang bersangkutan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Kepanjen Talun tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 116 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan teknis analisis regresi linear berganda. Variabel penelitian antara lain lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa (X1) motivasi yang didapat siswa (X2) dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh lingkungan sekolahi (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 001 945 0 05. (2) pengaruh motivasi (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 002 945 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di kelas X jurusan Akuntansi SMK Kepanjen. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa di kelas X jurusan Akuntansi SMK Kepanjen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34964 |
Actions (login required)
View Item |