Pengaruh penerapan metode Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 06 Jember / Delvia Adenantera Kudus

Kudus, Delvia Adenantera (2018) Pengaruh penerapan metode Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 06 Jember / Delvia Adenantera Kudus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kudus, Delvia Adenantera. 2018. Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 06 Jember. Skripsi, Prodi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ibu Sriyani Mentari, S.Pd, M.M. (2) Dr. Puji Handayati, S.E, M.M., Ak, CA, C.MA. Kata Kunci: Metode Teams Games Tournament, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlalu dominannya peran guru didalam kelas sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut membuat tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara optimal. Dampaknya, pemahaman siswa terhadap materi sangatlah kurang yang ditunjukkan dengan hasil belajar yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Melihat masalah tersebut guru dituntut untuk mampu menciptakan dan menerapkan metode pembelajaran yang membantu siswa untuk berpartisipasi aktif di dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode teams games tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 06 Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random sampling. Kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan metode teams games tournament, dan kelas X AK 3 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji-t menggunakan independent-sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode teams games tournament dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pengamatan dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan nilai sign hasil belajar sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34963

Actions (login required)

View Item View Item