Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 4 Malang / Dian Rini Yulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 4 Malang / Dian Rini Yulianti

Yulianti, Dian Rini (2018) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 4 Malang / Dian Rini Yulianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Yulianti Dian Rini. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si.Ak. (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak. CA. Kata kunci Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Motivasi Belajar Media tidak lepas dari proses belajar mengajar yang terjadi sebagai alat untuk menyampaikan informasi dari guru kepada siswa di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun siswa kurang motivasi belajarnya dalam mata pelajaran akuntansi dikarenakan metode guru pada saat mengajar cenderung melakukan ceramah dan media yang digunakan guru berupa slide power point yang kontennya hanya visual sehingga terjadi kejenuhan dan kebosanan dalam diri siswa saat melakukan kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan Microsoft Power Point efektif meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran akuntansi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan bentuk desain nonequivalen control grup design. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian (Ha)1 menggunakan uji t independent sample diperoleh Sig.(2-tailed) 0 049 0 05 artinya penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dengan Microsoft Power Point lebih efektif meningkatkan motivasi siswa dibandingkan menggunakan media pembelajaran Microsoft Power Point yang kontennya hanya visual. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dengan Microsoft Power Point lebih efektif meningkatkan motivasi siswa dibandingkan menggunakan media pembelajaran Microsoft Power Point yang kontennya hanya visual. Oleh karena itu pihak sekolah diharapkan sering memberi pelatihan penggunaan media pembelajaran dan guru diharapkan lebih mengoptimalkan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan Microsoft Power Point dan sebagai acuan dalam menentukan media pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di sekolah sesuai dengan sarana dan prasarana yang tersedia serta menerapkan media ini pada pokok bahasan lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34962

Actions (login required)

View Item View Item