Thifaliasti, Rania (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi Akuntansi Piutang untuk siswa kelas XI akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Rania Thifaliasti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Thifaliasti Rania. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Akuntansi Piutang Untuk Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd. M.SA (II) Dudung Ma ruf Nuris SPd. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran aplikasi android akuntansi piutang Salah satu media pembelajaran berbasis elektronik adalah dengan menggunakan perangkat mobile atau yang biasa disebut dengan istilah mobile learning (M-Learning). Dengan banyaknya jumlah kepemilikan dan penggunaan perangkat mobile terbukalah peluang pengunaan perangkat teknologi bergerak dalam dunia pendidikan. Kurangnya sumber belajar membuat siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran di kelas. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang mampu menjadi sumber belajar yang membuat siswa semangat dalam proses pembelajaran di kelas serta untuk mengatasi terbatasnya fasilitas di dalam kelas. Model penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android ini mengadaptasi model Four-D (Define Design Develop and Disseminate) Thiagarajan (1974). Penelitian ini terbatas pada tahap develop (pengembangan) sehingga menjadi tiga tahap yaitu 1) define (pendefinisian) 2) Design (perancangan) dan 3) develop (pengembangan). Validasi dilakukan oleh ahli media pembelajaran dan ahli materi serta uji coba pengguna yaitu peserta didik. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran akuntansi berbasis aplikasi android berdasarkan penilaian dari 1) ahli media memperoleh nilai persentase 92 72% yang termasuk dalam kategori sangat layak 2) ahli materi memperoleh nilai persentase 84% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi android pada hasil uji coba lapangan rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase 8805 65% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran berbasis aplikasi android sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kelebihan media pembelajaran berbasis aplikasi android ini adalah 1) media pembelajaran ini dapat diinstal di smartphone android dan berukuran cukup kecil yaitu 20 Mb 2) materi pembelajaran dapat di download dengan mudah diperbesar (zoom) maupun di geser (scroll) 3) media pembelajaran dilengkapi dengan materi pembelajaran akuntansi piutang yang lengkap yang disertai dengan contoh soal dengan gambar-gambar serta bukti transaksi 3) masing-masing materi pembelajaran dilengkapi dengan latihan soal beserta pembahasannya dan 4) evaluasi berupa kuis langsung dapat diketahui nilai yang didapat ketika selsai mengerjakan dan uji ketrampilan yang dilengkapi dengan pembahasannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34961 |
Actions (login required)
View Item |