Pengaruh penggunaan metode active knowledge sharing terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi SMK Negeri 06 Jember / Fauziah Riantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode active knowledge sharing terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi SMK Negeri 06 Jember / Fauziah Riantini

Riantini, Fauziah (2018) Pengaruh penggunaan metode active knowledge sharing terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi SMK Negeri 06 Jember / Fauziah Riantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Riantini Fauziah. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Active Knowledge Sharing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi SMK Negeri 06 Jember. Skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ibu Sriyani Mentari S.Pd M.M. Pembimbing (2) Dr. Sunaryanto M. Ed Kata Kunci Metode Active Knowledge Sharing Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya guru menggunakan metode pembelajaran yang menjadi pendukung didalam aktivitas belajar mengajar serta gutu tidak melakukan upaya mengatasi permasalahan bahwa kegiatan belajar mengajar dikelas sangat monoton sehingga peran guru didalam kelas cenderung aktif dan membuat siswa terlihat lebih pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut membuat tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara optimal. Dampaknya pemahaman siswa terhadap materi sangatlah kurang yang ditunjukkan dengan hasil belajar yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Melihat masalah tersebut guru dituntut untuk mampu menerapkan metode pembelajaran yang membantu siswa agar lebih aktif berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode active knowledge sharing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode active knowledge sharing terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 06 Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan metode active knowledge sharing dan kelas X Ak 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji-t menggunakan independent-sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode active knowledge sharing berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pengamatan dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan nilai sign hasil belajar sebesar 0 000 0 05. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Pendekatan Kelas) menambah jumlah observer sesuai jumlah kelompok memperluas materi yang akan dieksperimenkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34960

Actions (login required)

View Item View Item