Manajemen kurikulum sekolah Islam terpadu (studi kasus di SDIT Bina Insani Kediri) / Rejeki Tri Winarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum sekolah Islam terpadu (studi kasus di SDIT Bina Insani Kediri) / Rejeki Tri Winarni

Winarni, Rejeki Tri (2013) Manajemen kurikulum sekolah Islam terpadu (studi kasus di SDIT Bina Insani Kediri) / Rejeki Tri Winarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen kurikulum sekolah Islam terpadu Kurikulum merupakan bagian penting dari suatu lembaga pendidikan atau sekolah karena kurikulum merupakan seperangkat rencana atau pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Sekolah Islam Terpadu diartikan sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Sekolah Islam terpadu menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif afektif dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perencanaan kurikulum di SDIT Bina Insani Kediri (2) pelaksanaan kurikulum di SDIT Bina Insani Kediri dan (3) evaluasi kurikulum di SDIT Bina Insani Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan ditafsirkan dan dianalisis guna menyusun dan mengabstraksi temuan di lapangan. Keabsahan data dimaksudkan untuk mengecek kebenaran data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil paparan data di lapangan ditemukan manajemen kurikulum yang terdiri dari perencanaan kurikulum pelaksanaan kurikulum evaluasi kurikulum. Pertama perencanaan kurikulum SDIT Bina Insani Kediri adalah menggunakan dua kurikulum dalam pembelajarannya yaitu KTSP dan kurikulum khas. Tim penyusun kurikulum beranggotakan kepala sekolah waka kurikulum waka kesiswaan serta koordinator guru matapelajaran. Perencanaan kurikulum dilaksanakan pada saat menjelang tahun ajaran baru. Silabus dan RPP disusun pada saat akhir minggu dalam rapat koordinasi. Kedua pelaksanaan kurikulum di SDIT Bina Insani Kediri terlihat dalam kegiatan belajar mengajar setiap harinya dengan RPP sebagai acuannya. Untuk pembelajaran Al-Quran sekolah ini menggunakan metode UMMI yang merupakan metode qiroati yang bernaung di bawah UMMI foundation. SDIT Bina Insani Kediri menggunakan sistem pembelajaran sehari penuh atau fullday school dengan hari aktif sekolah mulai Senin-Jum at. SDIT Bina Insani Kediri memberikan program upgrading guru untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar berupa pelatihan Diklat. Ketiga kegiatan evaluasi kurikulum di SDIT Bina Insani Kediri terlihat dalam kegiatan belajar mengajar berupa ulangan harian ujian tengah semester serta tugas-tugas yang lain. Kepala sekolah waka kurikulum guru dan orangtua siswa meruapakan pihak yang terlibat dalam proses evaluasi yang dilakukan. Evaluasi perlu ditindak lanjuti SDIT Bina Insani Kediri menindak lanjuti dengan program pengayaan dan remidial untuk siswa serta mengadakan kegiatan supervisi kepada guru yang nantinya berfungsi sebagai acuan dalam program upgrading. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada (1) Kepala SDIT Bina Insani Kediri diharapkan terus arahan serta bimbingan kepada waka kurikulum ataupun guru-guru dalam hal perencanaan pelaksanaan kurikulum secara menyeluruh mengingat kurikulum merupakan substansi inti dalam suatu sekolah. Selain itu diharapkan dapat memberikan bantuan berupa supervisi secara berkala terhadap kegiatan manajemen kurikulum yang dilaksanakan oleh guru sehingga kegiatan manajemen kurikulum dalam pembelajaran khususnya dapat terus ditingkatkan demi kemajuan SDIT Bina Insani Kediri di masa mendatang (2) Guru SDIT Bina Insani Kediri diharapkan selalu ikhlas dan sepenuh hati dalam menjalankan ketentuan-ketentuan sekolah terutama kurikulum sehingga tujuan pendidikan di SDIT Bina Insani tercapai dengan maksimal (3) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kediri hendaknya dapat dijadikan sebagai umpan balik sekaligus bahan kajian dalam rangka penyelenggaraan sekolah Islam terpadu ditingkat sekolah dasar (4) Peneliti lain agar dapat dimanfaatkan untuk pengembangan wawasan ilmu pengetahuan dan sebagai bahan informasi serta referensi bagi pebi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti kasus-kasus sejenis mengenai manajemen kurikulum pada jenjang sekolah yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item