Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS (TwoStay Two Stray) dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas XII IPS Al-Amin Kota Malang / Anisa Lazuardi

Lazuardi, Anisa (2018) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS (TwoStay Two Stray) dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas XII IPS Al-Amin Kota Malang / Anisa Lazuardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Lazuardi, Anisa. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TS-TS (Two Stay Two Stray) Dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS MA Al-Amin Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M (2) Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TS-TS (Two Stay Two Stray), Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS(Two stay Two stray ) pada siswa kelas XII IPS MA Al-Amin Kota Malang. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana dalam masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS dengan jumlah siwa 20 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan di MA Al-Amin Kota Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes . Penelitian ini dilakukan karena siswa yang terlihat cenderung bersikap pasif, siswa terlihat bosan, siswa menganggap mata pelajaran akuntansi sebagai mata pelajaran yang sulit, serta mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Kemudian dari pengajaran gurupun masih menggunakan metode konvensional, yakni yang masih berpusat pada guru. Siswa masih menganggap guru sebagai pusat informasi pelajaran. Dari latar belakang diatas, peneliti menerapkan model TS-TS untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. sehingga siswa mampu belajar akuntansi dengan baik, mendapatkan pemahaman materi dengan maksimal, serta mendapatkan hasil belajar terbaik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Meningkatnya minat belajar siswa ditandai dengan siswa terlihat senang dan antusias, siswa membawa sumber belajar, siswa mendengarkan penjelasan guru dan temannya, siswa membaca materi, dan siswa telibat aktif dalam kegiatan pembelajaran akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS yaitu siswa dapat lebih berminat lagi dalam kegiatan pembelajaran dan dalam proses pembelajaran guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memunculkan ide-ide ataupun pertanyaan-pertanyaan baik secara lisan maupun tertulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34958

Actions (login required)

View Item View Item