Pengaruh model pembelajaran level of inquiry (loi) dipadu reading, question, and answering (RQA) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran biologi / Rani Asmara</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran level of inquiry (loi) dipadu reading, question, and answering (RQA) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran biologi / Rani Asmara</p>

Asmara, Rani (2022) Pengaruh model pembelajaran level of inquiry (loi) dipadu reading, question, and answering (RQA) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran biologi / Rani Asmara</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Asmara Rani 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Level of Inquiry (LoI) dipadi Reading Questioning and Answering (RQA) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Biologi. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Prof. Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci Model pembelajaran LoIRQA keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif hasil belajar kognitif. Perkembangan ilmu pengetahuan abad 21 menuntut siswa mampu berkompetisi dengan cara mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan pengetahuan. Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam mempersiapkan siswa dapat menghadapi perkembangan serta perubahan dunia. Keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti keterampilan berpikir kritis dan kreatif diperlukan oleh siswa untuk menghadapi jaman yang terus berkembang. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dapat dilatihkan melalui pembelajaran karena dapat menumbuhkan sikap positif menunjang terciptanya kondisi kelas yang kondusif mendapatkan dan menggunakan kemampuan memperluas pengetahuan mengembangkan perilaku berpikir yang menguntungkan dan dapat mengatasi masalah dengan baik. Pemberdayaan keterampilan berpikir kritis kreatif dan hasil belajar dapat dilakukan dengan memperbarui dan mengoptimalkan proses serta kualitas pembelajaran membantu siswa meningkatkan dan mengembangkan partisipasi mendorong kerjasama dan komunikasi membudayakan keterampilan berpikir kreatif serta mengembangkan pembelajaran student centered. Pembelajaran inkuiri diyakini mampu menginduksi keterampilan berpikir kritis kreatif dan hasil belajar. Model pembelajaran Level of Inquiry-Reading Questioning and Answering (LoIRQA) merupakan pola/rancangan pembelajaran yang dipilih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis kretif dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran LoI dipadu RQA pada pembelajaran biologi. Penerapan model tersebut kemudian dilihat pengaruhnya terhadap variabel keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Kota Mojokerto tahun pelajaran 2018/2019 semester genap. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan kelas sebagai sampel penelitian. Pada masing-masing kelas ditetapkan 36 siswa sehingga total sampel penelitian terdiri dari 144 siswa. Data keterampilan berpikir kritis kreatif dan hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil tes essay pada pretes maupun postes. Data tersebut diuji menggunakan analisis kovariat (anakova) skor pretes digunakan sebagai kovariat dan uji lanjut Least Significant Difference (LSD) pada taraf significance 5%. Uji anakova didahului oleh uji asumsi statistic inferensial berupa uji normalitas data dan homogenitas varian pada taraf signifikansi 0.05. Normalitas data dipastikan lewat Kolmogorov-Smirnov rsquo s Test sedangkan homogenitas varian diuji menggunakan Levene rsquo s Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran LolRQA berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Pada hasil uji lanjut (LSD) model pembelajaran LolRQA lebih berpotensi dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis kreatif dan hasil belajar kognitif siswa yang terlihat dari rerata terkoreksinya yang lebih tinggi lalu diikuti oleh model Lol dan RQA. Hasil penelitian ini dapat terjadi karena model pembelajaran LolRQA pada setiap sintaksnya didesain untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis sesuai dengan karakteristik dari proses pembelajaran ilmiah. Berdasarkan penelitian ini peneliti merekomendasikan untuk menerapkan pembelajaran LoIRQA dengan perencanaan pembelajaran yang baik terutama pada penyesuaian kegiatan belajar dan waktu yang dimiliki. Penelitian ini terbatas pada mata pelajaran biologi pada jenjang SMA kelas XI. Penelitian dapat dilanjutkan pada mata pelajaran biologi kelas selanjutnya. Peneliti lain juga dapat melakukan penelitian yang difokuskan pada keterampilan berpikir lain misalnya pemecahan masalah dan metakognisi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349548

Actions (login required)

View Item View Item