Yuhanna, Wachidatul Linda (2022) Pengembangan platform el-zoota dan keefektifannya pada keterampilan berpikir kritis, sikap ilmiah, literasi digital, dan refleksi diri mahasiswa di mata kuliah zoologi vertebrata / Wachidatul Linda Yuhanna</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuhanna W. L. 2022. Pengembangan Platform eL-ZOOTA dan Keefektifannya pada Keterampilan Berpikir Kritis Sikap Ilmiah Literasi Digital dan Refleksi Diri Mahasiswa di Mata Kuliah Zoologi Vertebrata. Disertasi. Program Studi S3 Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M.S. (II) Prof. Dr. Abdul Gofur M.Si dan (III) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata kunci eL-ZOOTA keterampilan berpikir kritis sikap ilmiah literasi digital refleksi diri Pendidikan tinggi saat ini mengarah pada digitalisasi dan keterampilan abad 21. Mata kuliah Zoologi Vertebrata adalah salah satu mata kuliah di Universitas PGRI Madiun yang diproyeksikan ke arah digitalisasi untuk mendukung kegiatan MBKM. Hasil observasi di Universitas PGRI Madiun menunjukkan bahwa platform yang digunakan adalah modifikasi dari salah satu platform komersial yang mempunyai kelemahan dalam bidang aksesibilitas desain fitur experience konten bahasa dukungan web browser dan manajemen database. Dosen dan mahasiswa sebagai user memerlukan platform yang mudah diakses sesuai dengan kebutuhan mata kuliah dan sesuai dengan pengembangan kompetensi mahasiswa. Kompetensi yang ingin dicapai pada mata kuliah Zoologi Vertebrata adalah keterampilan berpikir kritis sikap ilmiah literasi digital dan refleksi diri. Hasil analisis awal menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis mahasiswa adalah 44 20 sikap ilmiah adalah 54 52 literasi digital adalah 47 02 dan refleksi diri mahasiswa adalah 77 85. Temuan ini dapat diartikan bahwa empat kompetensi tersebut perlu ditingkatkan dengan strategi perkuliahan yang efektif dan efisien. Platform eL-ZOOTA adalah inovasi yang dikembangkan peneliti untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Zoologi Vertebrata ke arah digitalisasi. Platform eL-ZOOTA juga terintegrasi dengan materi dan tugas yang mengarah pada capaian kompetensi yang ingin dicapai. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain instruksional ADDIE (Analysis Design Develop Implement Evaluate). Desain penelitian menggunakan paired sample t test. Subyek penelitian sejumlah 29 mahasiswa. Analisis statistik menggunakan uji t skor N gain dan Rasch Model. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen validasi instrumen uji kepraktisan lembar observasi keterampilan berpikir kritis lembar observasi sikap ilmiah angket literasi digital dan angket refleksi diri. Analisis data menggunakan statistik dan Winstep 4.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Platform eL-ZOOTA dapat digunakan sebagai platform pembelajaran secara daring pada mata kuliah Zoologi Vertebrata. Platform eL-ZOOTA dapat diakses pada alamat http //elzoota.rf.gd. Fitur dari platform eL-ZOOTA yang terdiri dari beranda pengumuman pesan mahasiswa dosen materi tugas komentar materi kamus zoologi vertebrata forum mata kuliah kelas manajemen kelas pengaturan email template hapus data dan logout. Platform eL-ZOOTA dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan untuk mata kuliah Zoologi Vertebrata dari segi kualitas website kualitas fitur dan kualitas materi.Buku panduan pengunaan eL-ZOOTA dan RPS dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan pada mata kuliah Zoologi Vetebrata. Platform eL-ZOOTA dinyatakan sangat praktis dan dapat digunakan pada perkuliahan Zoologi Vertebrata. Platform eL-ZOOTA dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis sikap ilmiah literasi digital dan refleksi diri mahasiswa pada mata kuliah Zoologi Vertebrata. Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis sikap ilmiah literasi digital dan refleksi diri mahasiswa sebelum dan sesudah penggunaan platform eL-ZOOTA.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/349546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |