Pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi kelas XI SMAN 1 Pilangkenceng 2016/2017 / Ar Rauuf Abi

Abi, Ar Rauuf (2018) Pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi kelas XI SMAN 1 Pilangkenceng 2016/2017 / Ar Rauuf Abi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Aswanto, Ar Rauuf Abi Huzaifah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran MURDER Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Negeri 1 Pliangkenceng Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc (II) Nujmatul Laily S.Pd.,M.SA Kata kunci : Model Pembelajaran MURDER, Motivasi dan Hasil Belajar Metode Pembelajaran dikatakan berhasil dan efektif apabila seorang guru dapat menyampaikan materi kepada peserta didik dengan baik dan benar. Model pembelajaran yang menarik akan membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Namun masih banyak dijumpai proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu berupa ceramah sehingga peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang menarik dan kreatif dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelaaran MURDER. MURDER merupakan model pembelajaran kooperatif yang meliputi mood, understand, recall, digest, expand, review. Dengan digunakannya model pembelajaran MURDER ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Pilangkenceng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakam di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pilangkenceng tahun ajaran 2016/2017. Subjek yang diteliti adalah kelas XI IPS 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pretest-posttest dan kuesioner. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji T (Independent Samples t-Test). Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan (1) variabel motivasi belajar terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran MURDER. (2) variable hasil belajar terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran MURDER. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran MURDER berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Saran yang perlu disampaikan peneliti adalah (1) Pengukuran motivasi belajar peserta didik hendaknya juga menggunakan wawancara. (2) Penelitian hendaknya dilakukan di SMA maupun SMK untuki dapat mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar dari siswa SMA dan SMK. (3) Sebaiknya subjek penelitiannya di tambah, yakni mencakup seluruh siswa bidang mata pelajaran yang di teliti. (4) Materi yang digunakan untuk penelitian sebaiknya ditambah dan tidak hanya 1 materi saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34954

Actions (login required)

View Item View Item