Pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran komputer akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Malang / Citra Saptalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran komputer akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Malang / Citra Saptalia

Saptalia, Citra (2018) Pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran komputer akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Malang / Citra Saptalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saptalia Citra. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sulastri S.Pd. M. SA (2) Nujmatul Laily S. Pd. M. SA. Kata Kunci Media Pembelajaran Video Tutorial Komputer Akuntansi. Media pembelajaran merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran. Media merupakan perantara dari pengirim informasi ke penerima informasi. Informasi yang dalam hal ini adalah materi dalam kegiatan pembelajaran dapat disampaikan dalam bentuk media pembelajaran video tutorial menggunakan aplikasi screencast-o-matic. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Komputer Akuntansi menggunakan aplikasi screencast-o-matic dengan materi pengerjaan satu siklus akuntansi perusahaan jasa dagang dan manufaktur di SMK Negeri 1 Malang 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Komputer Akuntansi menggunakan asplikasi screencast-o-matic dengan materi pengerjaan satu siklus akuntansi perusahaan jasa dagang dan manufaktur di SMK Negeri 1 Malang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan media diadaptasi dari model pengembangan Lee Owens dengan mengambil 4 tahap yaitu 1) Analisis Kebutuhan 2) Desain 3) Pengembangan dan 4) Implementasi. Validasi dilakukan oleh seorang ahli materi yang termasuk dalam kategori Layak seorang ahli media yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan pendapat peserta didik terhadap media pada hasil uji coba lapangan mendapat Respon Positif . Instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kelebihan media pembelajaran video tutorial Mind Your Own Bussiness (MYOB) ini adalah 1) Sangat mudah dioperasikan 2) Materi lengkap 3) dikemas dalam bentuk CD untuk sarana belajar di sekolah maupun belajar mandiri. Sedangkan kekurangannya adalah 1) minimal windows 2000 2) dapat diputar menggunakan handphone tetapi resiko tinggi karena ukuran file besar. Saran dari peneliti sebaiknya media pembelajaran ini dijadikan salah satu sumber belajar alternatif dalam proses pembelajaran dan tidak menutup kemungkinan guru sebagai pendidik dapat mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34953

Actions (login required)

View Item View Item