Penerapan model pembelajaran master untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2 Di SMK 17 Agustus Batu / Octavia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran master untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2 Di SMK 17 Agustus Batu / Octavia Sari

Sari, Octavia (2017) Penerapan model pembelajaran master untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2 Di SMK 17 Agustus Batu / Octavia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Octavia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran MASTER untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 2 di SMK 17 Agustus Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci model pembelajaran MASTER motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan observasi terdapat beberapa karakteristik siswa Ak-2 di SMK 17 Agustus Batu yaitu mudah bosan dan pasif siswa terlihat malas saat guru meminta untuk membaca materi pelajaran siswa cenderung ramai dan tidak memperhatikan sehingga menyebabkan suasana kelas kurang kondusif. Hal tersebut menunjukkan bahwa motivasi siswa masih rendah di sisi lain hasil belajar siswa juga masih belum mencapai kriteria minimal yang ditentukan. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu menerapkan model pembelajaran MASTER. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak-2 melalui penerapan model pembelajaran MASTER. Model pembelajaran MASTER mempunyai beberapa tahapan diantaranya (1) motivating your mind (2) acquiring the information (3) searching out the meaning (4) triggering the memory (5) exhibiting what you know (6) reflecting how you ve learned. Model pembelajaran MASTER merupakan cara belajar yang menggugah kemampuan belajar para siswa agar dapat mempelajari materi secara keseluruhan dengan cara yang menyenangkan dan melibatkan kecerdasan serta pengetahuan siswa sendiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes evaluasi lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa hal tersebut dapat dilihat aktivitas siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Jika sebelumnya siswa cenderung pasif hanya mendengarkan pada pembelajaran dengan menerapkan model MASTER siswa menjadi lebih aktif dan memiliki semangat dalam menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru. Peningkatan motivasi belajar siswa juga didukung data perolehan angket dan lembar observasi. Dari hasil perolehan angket motivasi belajar siswa meningkat sebesar 9 04% sedangkan dari hasil perolehan lembar observasi motivasi belajar siswa meningkat sebesar 7 46%. (2) penerapan model pembelajaran MASTER dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat sebesar 14 28% dari 66 67% menjadi 80 95%. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu (1) peneliti masih bertindak sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran (2) perlu adanya metode yang lebih variatif pada tahap triggering the memory dan exhibiting what you know (3) terdapat kesulitan dalam penilaian dan observasi motivasi siswa yang memberikan dampak pada ketidakpastian data. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih teliti dalam observasi sehingga dapat memperoleh data yang benar-benar mewakili motivasi siswa. ABSTRACT Sari Octavia. 2017. The Implementation of MASTER Learning Model to Improve Motivation and Learning Outcome for the Tenth Grade Students of Accounting 2 at SMK 17 Agustus Batu. Sarjana s Thesis Departement of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Advisiors (I) Dr. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Keywords MASTER learning model learning motivation learning outcomes. Based on the observation there are some characteristics of students accounting 2 at Vocational High School 17 August Batu that is easy to get bored and passive the students look lazy when teacher ask to read the subject matter the students tend to be crowded and not pay attention causing less conducive class atmosphere. It shows that student s motivation is still low on the other hand student learning outcomes also still not reach the minimum criteriaspecified. One of the ways that can be used is apply MASTER learning model. This study aims to improve the motivation and accounting learning outcomes of students class X accounting 2 through the application of MASTER learning model. MASTER learning model has several stages including (1) motivating your mind (2) acquiring the information (3) searching out the meaning (4) triggering the memory (5) reflecting how you ve learned. MASTER learning model is a learning way that inspires students learning ability to study the material as a whole in a fun way and involves students intelligence and knowledge. This research is a Classroom Action Research (CAR) with qualitative descriptive approach done in two cycles. Each cycle consists of four stages (1) planning (2) implementation (3) observation and (4) reflection. The instruments used are evaluation test observation sheet and questionnaire. The results showed that (1) there is an increase in student learning motivation it can be seen from student activity during follow learning activities. Students tend to be passive and just listening before by applying MASTER model students become more active and have a passion in solving problems given by teachers. The increase of students learning motivation is also supported by questionnaire and observation data. From questionnaires results student learning motivation increased 9 04% while from observation sheets results student motivation increased 7 46%. (2) the application of MASTER learning model can improve student learning outcomes. Student classical learning completeness increased 14 28% from 66 67% to 80 95%. Limitations in this study are (1) researchers still act as implementers of learning activities (2) need a more varied method in the stages of triggering the memory and exhibiting what you know (3) there is difficulty in the assessment and student motivation observation that gives impact on data uncertainty. For further researcher is expected to be more careful in the observation so that it can get data that really represent the students motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34946

Actions (login required)

View Item View Item