Proses berpikir matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika / Mukhlis</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika / Mukhlis</p>

Mukhlis (2022) Proses berpikir matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika / Mukhlis</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses berpikir merupakan aktivitas kognitif yang berlangsung dalam otak manusia karena adanya suatu kebutuhan atau bahkan karena adanya suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Bentuk keluarannya berupa langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah atau pengambilan keputusan. Kajian tentang proses berpikir sangat penting dilakukan di pendidikan matematika karena sesuai dengan karakteristik matematika yang memiliki objek kajian yang abstrak. Berbagai penelitian tentang proses berpikir maupun penelitian tentang kemampuan literasi matematika telah dilakukan oleh banyak peneliti terdahulu. Namun masih sangat terbatas penelitian yang dilakukan tentang proses berpikir matematis siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengaji dan mendeskripsikan proses berpikir matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Adapun jenis penelitian ini yakni penelitian deskriptif yang dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Dari keseluruhan siswa yang berpartisipasi dipilih lima siswa sebagai subjek yakni dua siswa SMPIT Al-Biruni Mandiri Makassar dan tiga siswa SMP Unismuh Makassar. Subjek dipilih mewakili karakteristik yang telah ditentukan yakni dua subjek pada kelas kompetensi reproduksi atau hanya jawaban nomor 1 yang benar dua subjek pada kelas kompetensi koneksi atau hanya jawaban nomor 1 dan 2 yang benar dan satu subjek pada kelas kompetensi refleksi atau jawaban nomor 1 2 dan 3 semuanya benar. Peneliti menggunakan retrospective think aloud setelah penentuan subjek yakni meminta kepada setiap subjek untuk menceritakan kembali langkah-langkah atau proses penyelesaian soal yang telah dilakukan sesuai dengan jawaban yang sebelumnya telah dikirimkan melalui google form. Proses tersebut direkam melalui video oleh setiap siswa dan dikirimkan kepada peneliti melalui aplikasi WhatsApp. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara berbasis tugas terhadap setiap subjek dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen utama. Hal ini berarti peneliti bertindak sebagai instrument aktif. Instrumen pendukung yakni berupa lembar tes pedoman wawancara dan alat perekam. Hasil dari penelitian ini bahwa telah ditemukan adanya dua komponen baru sebagai proses dasar berpikir matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika yakni understanding dan justifying. Dua komponen baru tersebut sebagai tambahan dari empat komponen berpikir matematis yang telah ada sebelumnya oleh peneliti terdahulu. Subjek yang mengerti benar atau memahami benar soal literasi matematika yang diberikan akan mampu membuat rencana penyelesaian dan membuat pertimbangan dalam pengambilan keputusan sehingga understanding menjadi komponen awal yang paling penting dalam proses berpikir matematis. Seluruh subjek juga melakukan proses justifying atau memeriksa kembali kesesuaian antara langkah penyelesaian dan hasil yang diperoleh dengan soal yang diberikan. Beberapa subjek bahkan ada yang melakukan koreksi dan perbaikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses berpikir matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika melibatkan berbagai proses mental yang meliputi understanding specializing generalizing conjecturing justifying dan convincing. Komponen tersebut bukanlah suatu struktur yang hirarkis dan bahkan tidak harus selalu muncul dalam penyelesaian masalah atau soal literasi matematika.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349456

Actions (login required)

View Item View Item