Perancangan elemen visual lesehan tradisional Eyang Tunggulwulung dengan konsep budaya lokal / Irvan Hendra Sukmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan elemen visual lesehan tradisional Eyang Tunggulwulung dengan konsep budaya lokal / Irvan Hendra Sukmawan

Sukmawan, Irvan Hendra (2017) Perancangan elemen visual lesehan tradisional Eyang Tunggulwulung dengan konsep budaya lokal / Irvan Hendra Sukmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukmawan Irvan Hendra. 2014. Perancangan Elemen Visual Lesehan Tradisional Eyang Tunggulwulung Dengan Konsep Budaya Lokal . Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn Kata kunci Perancangan Elemen Visual Tunggulwulung Budaya Lokal. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya baik kekayaan alam maupun kekayaan budayanya saat ini kuliner juga masuk menjadi salah satu kekayaan budaya negara Indonesia kuliner yang pada dahulu kala dianggap hanya sebagai makanan biasa saja dan dianggap tidak istimewa kini telah menjelma menjadi salah satu budaya bangsa dan berpotensi dalam bidang pariwisata Salah satu budaya yang ada pada negara terletak pada sebuah desa di wilayah kota Malang Jawa Timur. Tepatnya di desa Tunggulwulung akar budaya dari desa ini dipercaya berkaitan erat pada masa sebelum kerajaan Singhasari berdiri yaitu di Kadipaten Tumapel yang dipimpin oleh seorang adipati bernama Tunggul Ametung dan budaya asli masyarakat Tunggulwulung masih dilestarikan hingga kini ada salah satu lesehan tradisional di daerah Tunggulwulung yang bernama lesehan Eyang Tunggulwulung yang bertekad untuk mempertahankan budaya asli kelurahan Tunggulwulung pada lesehan tradisional yang ada pada wilayah ini hal ini menjadi sangat penting bagi kelanjutan budaya daerah setempat yang harus terus dilestarikan dengan inovasi-inovasi yang bisa mengembalikan lagi wajah kebudayaan Indonesia menjadi lebih menarik dengan sentuhan desain. Metode perancangan ini diawali dengan penulisan latar belakang pengidentifikasian tujuan dilanjutkan dengan pengumpulan data serta desain yang sesuai dengan perancangan ini. Berdasarkan hasil pengumpulan informasi dan data maka diperoleh data yang akan menjadikan lesehan Eyang Tunggulwulung sebagai subyek perancangan ini dengan merancang elemen visual lesehan Eyang Tunggul Wulung untuk memperbarui dan melengkapi elemen visual dalam lesehan tradisional tersebut karena sedikit sekali desainer yang menyentuh usaha rumah makan tradisional padahal ada banyak potensi dan masalah yang bisa dipecahkan lewat desain yang sesuai dengan tekad melestarikan budaya lokal dan nasional. Elemen visual yang dihasilkan akan menjadi sebuah pemecahan masalah dalam bidang desain dalam konteks usaha kuliner dan rumah makan berkonsep tradisional karena masih jarang pengusaha yang mengetahui betapa pentingnya sebuah bidang desain komunikasi visual dalam mengembangkan usaha agar lebih menarik dan profesional produk yang dihasilkan adalah logo Graphic standard manual (GSM) sign system merchandise dan guide map. ABSTRACT Sukmawan Irvan Hendra. 2014. Visual Element Design Lesehan Eyang Tunggul Wulung With Local Culture Concept . Thesis Program Study Visual Communication Design Departement of Art and Design Faculty of Letters. State University of Malang. Advisors (I) Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn Keywords Design Visual Elements Tunggulwulung Local Culture. Indonesia is a very rich country both natural resources and rich culture this time culinary also entered into one of the cultural richness of Indonesian state which in ancient culinary considered only as food mediocre and considered privileged has now become one of the cultural nation and potential in the field of tourism cultural One of the country lies in a village in the city of Malang East Java. Precisely in the Tunggulwulung village roots culture of this village is believed to be related closely to the period before the Singhasari Kingdom stand namely in the Kadipaten of Tumapel led by a duke named Tunggul Ametung and indigenous cultural communities Tunggulwulung still preserved up to now there is one traditional Lesehan in the area named Lesehan Eyang Tunggul Wulung who is determined to maintain the original culture Tunggulwulung village on traditional Lesehan exist in this region it is becoming very important for the continuation of the culture of the local area should continue to be preserved with innovations that can restore again face Indonesian culture becomes more attractive with a touch of design. This design method begins with a writing background identifying goals followed by data collection as well as the design according to this design. Based on the results of the collection of information and data the obtained data will make Lesehan Eyang Tunggulwulung as the subject of this design with designing visual elements Lesehan Eyang Tunggulwulung to update and complement the visual elements in the traditional cross-legged as very few designers who touches the restaurant business Traditionally when there are a lot of potential and problems that can be solved through the design in accordance with a determination to preserve the local and national culture. The resulting visual elements will be a problem-solving in the field of design in the context of the culinary business and traditional restaurant concept because it is still rare entrepreneurs who know how important a field of visual communication design in developing the business to make it more attractive and professional the products are logo Graphic Standard Manual (GSM) sign systems merchandising and guide map. KATA PENGANTAR Syukur Alhamdulillah kehadiran Tuhan Yang Maha Segalanya atas rezeki yang telah diberikan sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi Perancangan Elemen Visual Lesehan Eyang Tunggulwulung Dengan Konsep Budaya Lokal dengan baik dan lancar. Skripsi merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan program studi S-1 Desain Komunikasi Visual di Universitas Negeri Malang. Selain itu bertujuan untuk memberi bekal pengalaman dan pengetahuan pada mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Dalam penyusunan skripsi ini penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pengerjaan skripsi ini hingga selesai. Maka dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada 1.Prof. Dawud M.Pd selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. 2.Drs. Iriaji M.Pd selaku Ketua Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 3.Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc selaku Pembimbing I skripsi. Karena saran-saran bantuan dan pertimbangan yang diberikan banyak membantu dalam kegiatan skripsi ini. 4.Gunawan Susilo S.Sn M.Sn selaku pembimbing II skripsi. Yang telah banyak memberi saran bantuan dan pertimbangan yang diberikan banyak membantu dalam kegiatan skripsi ini. 5.Ibu Endang Sriwigati S.Pd M.M Adik Huda Ar Fandy dan Seluruh keluarga atas doa yang diberikan. 6.Teman-teman dan orang terkasih atas dukungan dan bantuannya selama ini. 7.Semua pihak yang telah membantu proses penyusunan skripsi ini hingga selesai semoga skripsi ini dapat berguna. Malang November 2014 Penulis DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK i KATA PENGANTAR ii DAFTAR ISI v DAFTAR TABEL viii DAFTAR GAMBAR x DAFTAR LAMPIRAN xi BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1 1.2 Rumusan Masalah 2 1.3 Tujuan Perancangan 3 1.4 Manfaat Perancangan 3 1.4.1 Teoritis 3 1.4.2 Praktis 3 1.5 Ruang Lingkup dan Bahasan Perancangan 3 1.6 Definisi Operasional 4 1.6.1 Perancangan 4 1.6.2 Redesign 4 1.6.3 Komunikasi Visual 4 1.6.4 Sign System 4 1.6.5 Corporate Identity 4 1.6.6 Company Profile 5 1.6.7 Promosi 5 1.6.8 Elemen Visual 5 1.6.9 Budaya Lokal Tunggulwulung 6 BAB II KAJIAN DATA LAPANGAN 2.1 Kajian Pustaka 7 2.1.1 Pengertian Perancangan 7 2.1.2 Sign System 9 2.1.2.1 Arti Sign System 9 2.1.2.2 Sejarah Sign System 10 2.1.3 Corporate Identity 11 2.1.4 Tipografi12 2.1.4.1 Arti Tipografi 12 2.1.4.2 Prinsip dalam Tipografi 13 2.1.4.3 Letterstyle/ Typeface 14 2.1.4.4 Jenis-jenis Tipografi 15 2.1.5 Warna 16 2.1.5.1 Pengertian Warna 16 2.1.5.2 Warna Sebagai Elemen Sign System 16 2.1.5.3 Identifikasi Warna Terhadap Penggunaanny 17 2.1.6 Simbol 18 2.1.7 Tanda Panah 20 2.1.7.1 Pengertian Tanda Panah 20 2.1.8 Komunikasi Visual 20 2.1.9 Graphic Standard Manual21 2.2 Identifikasi Data Lapangan 23 2.2.1 Latar Belakang 23 2.2.2 Pengumpulan Data 23 2.2.3 Analisa Data 24 2.2.4 Data Lesehan Tradisional Eyang Tunggul Wulung24 2.2.5 Identifikasi Target Audience 27 BAB IIIMETODE PERANCANGAN 3.1 Model Perancangan 29 3.2 Sistematika Perancangan 30 3.2.1 Latar Belakang 31 3.2.2 Pengumpulan Data 31 3.2.3 Analisa Data31 3.2.4 Identifikasi 31 3.2.4.1 Data Lesehan32 3.2.4.2 Identifikasi Target 32 3.2.4.3 Konsep Desain 32 3.2.4.4 Program Perancangan 32 3.3 Prosedur Penelitian Perancangan 33 3.3.1 Jenis Data 33 3.3.2 Prosedur Pengumpulan Data 34 3.4 Analisis Data35 BAB IVKONSEP DAN HASIL PERANCANGAN 4.1 Sintesis 37 4.2 Konsep Perancangan 38 4.3 Perencanaan Media 38 4.3.1 Tujuan Media 39 4.3.2 Strategi Media 39 4.4 Perencanaan Kreatif 40 4.4.1 Tujuan Kreatif 40 4.4.2 Strategi Kreatif 40 4.4.3 Program Kreatif 41 4.4.3.1 Tema Pokok 41 4.4.3.2 Pendukung Tema 41 4.4.3.3 Konsep Kreatif Umum 42 BAB VPENUTUP 5.1 Kesimpulan 64 5.2 Saran 66 DAFTAR GAMBAR Halaman Gambar 2.1 Lesehan Eyang Tunggulwulung 24 Gambar 3.1 Bagan Metode Perancangan 30 Gambar 4.1 Logo Lesehan Eyang Tunggulwulung 43 Gambar 4.2 Aturan Pemakaian Logo 44 Gambar 4.3 Aturan Pemakaian Logo 45 Gambar 4.4 Aturan Jenis Warna Pada Logo 45 Gambar 4.5 Warna Pada Logo 48 Gambar 4.6 Tipografi 51 Gambar 4.7 Sign System Pada Lesehan Tunggulwulung 52 Gambar 4.8 Sign System Outdoor 52 Gambar 4.9 Alat Tulis Kantor (ATK) 5 Gambar 4.10 Aplikasi Pada Seragam 54 Gambar 4.11 Aplikasi Pada Mobil Operasional 55 Gambar 4.12 Guide Map 56 Gambar 4.13 Cover Depan Buku Menu 57 Gambar 4.14 Menu Masakan Ayam58 Gambar 4.15 Menu Masakan Ikan Nila 58 Gambar 4.16 Menu Masakan Ikan Tombro 59 Gambar 4.17 Menu Masakan Ikan Gurame 59 Gambar 4.18 Menu Masakan Pelengkap 60 Gambar 4.19 Menu Masakan Ikan Lele60 Gambar 4.20 Menu Masakan Daging 61 Gambar 4.21 Menu Masakan Aneka Sambal 61 Gambar 4.22 Menu Minuman Panas 62 Gambar 4.23 Menu Minuman Dingin 62 Gambar 4.24 Cover Belakang Menu 63 DAFTAR TABEL Halaman Tabel 2.1 Ukuran Simbol 17 Tabel 2.2 Ukuran Tinggi Huruf 18 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 Pernyataan Keaslian Tulisan Lampiran 2 Lembar Konsultasi Lampiran 3Daftar Riwayat Hidup

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34945

Actions (login required)

View Item View Item