Proses berpikir reflektif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis / Mohammad Dadan Sundawan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir reflektif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis / Mohammad Dadan Sundawan</p>

Sundawan, Mohammad Dadan (2023) Proses berpikir reflektif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis / Mohammad Dadan Sundawan</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian penelitian ini didasarkan pada pentingnya proses berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika. Berpikir reflektif adalah aktivitas mental yang melewati proses kebingungan dan penyelidikan berulang-ulang untuk menemukan solusi dari suatu masalah. Berpikir reflektif merupakan salah satu dalam proses berpikir yang dianggap penting dalam membangun pengetahuan berdasarkan pengalaman seseorang. Berpikir reflektif dapat diartikan sebagai proses berpikir untuk menyadari yang didasarkan pada pengalaman dan kemudian menafsirkan pengalamannya. Berpikir reflektif memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar memikirkan strategi terbaik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti diperoleh proses berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah aljabar bersifat linier. Berpikir reflektif linier adalah aktivitas mental yang melewati proses kebingungan dan penyelidikan berulang-ulang pada saat seseorang menyelesaikan masalah melalui tahapan berpikir reflektif secara berurutan. Berdasarkan temuan awal pada studi pendahuluan perlu ditelusuri bagaimana proses berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah yang berbeda. Dalam bidang matematika sendiri kontroversi dan perbedaan pendapat muncul ketika seseorang menghadapi masalah yang berbeda dari biasanya. Masalah kontroversial adalah situasi yang dapat menyebabkan perdebatan karena sudut pandang yang berbeda. Ketika seseorang dihadapkan dengan masalah kontroversial maka akan muncul kebingungan dan penyelidikan agar menghasilkan kesimpulan yang benar dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana proses berpikir reflektif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian tersebut dipilih untuk menggambarkan tentang proses berpikir reflektif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis. Proses berpikir reflektif dilihat dari penyelesaian masalah kontroversial matematis melalui situasi berpikir reflektif. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat tiga program studi pendidikan matematika di Fakultas Pendidikan dan Sains Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon pada semester genap 2021/2022. Sebanyak dua puluh mahasiswa kelas 3A dan sembilan belas mahasiswa kelas 3B diberikan tes masalah kontroversial matematis (TKM) yang bertujuan untuk mengetahui proses berpikir reflektif mahasiswa berdasarkan tahapan berpikir reflektif. Selanjutnya dilakukan wawancara berbasis tugas untuk menggali informasi yang belum terungkap pada penyelesaian masalah. Berdasarkan hasil tes dan wawancara didapat enam subjek yang berpikir reflektif. Dari enam subjek tersebut proses penyelesaian masalah yang diperoleh dideskripsikan struktur berpikirnya berdasarkan tahapan proses berpikir reflektif. Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan dua kategori proses berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis yaitu proses berpikir reflektif konektif linier dan proses berpikir reflektif konektif refining. Kategori satu proses berpikir reflektif konektif linier terjadi pada mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis ketika subjek mengalami kebingungan dan penyelidikan berulang-ulang untuk menemukan solusi dari suatu masalah dengan cara menghubungkan konsep secara berurutan. Kategori kedua proses berpikir reflektif konektif refining terjadi pada mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis ketika subjek mengalami kebingungan dan penyelidikan berulang-ulang untuk menemukan solusi dari suatu masalah dengan cara menghubungkan konsep secara berulang-ulang dalam rangka pemurnian (refining) ide penyelesaian melalui proses memfokuskan atau memperjelas struktur penyelesaian.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349431

Actions (login required)

View Item View Item