Strategi metakognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis / Sikky El Walida</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi metakognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis / Sikky El Walida</p>

Walida, Sikky El (2023) Strategi metakognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis / Sikky El Walida</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu masalah yang ada dalam matematika adalah masalah kontroversial matematis. Masalah kontroversial matematis muncul sebagai akibat dari perbedaan pemikiran seseorang terhadap hal yang sudah diketahui dengan hal yang sedang dihadapi. Ketika mahasiswa diberikan masalah kontroversial matematis maka mahasiswa cenderung akan memunculkan konflik kognitif karena masalah yang dihadapi bertentangan dengan skema berpikir yang sudah dimiliki. Ketika menyelesaikan masalah kontroversial matematis mahasiswa akan menggunakan kognitifnya. Akan tetapi ketika menemukan hal yang tidak sesuai dengan skema berpikirnya maka mahasiswa akan menggunakan metakognitif untuk menelusuri hal-hal yang terkait dengan konsep ataupun prosedur yang sudah pernah dipelajari dalam upaya menemukan penyelesaian dari masalah tersebut. Ketika mahasiswa telah melakukan metakognisi ada tiga tahapan yang dilakukan yaitu planning monitoring dan evaluating. Tiga tahapan tersebut yang selanjutnya disebut sebagai strategi metakognitif. Jadi strategi metakognitif merupakan strategi yang muncul ketika seseorang telah melakukan metakognisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi metakognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis. Penelitian ini bermanfaat dalam memberikan gambaran strategi metakognitif yang dilakukan mahasiswa melalui munculnya kegiatan-kegiatan dalam tahapan planning monitoring dan evaluating sebagai elemen metakognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis serta memberikan sumbangan pemikiran terkait penentuan indikator-indikator strategi metakognitif pada tahapan planning monitoring dan evaluating dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian didapatkan melalui instrumen utama penelitian yaitu peneliti selaku penggali data yang didukung dengan soal Analisis Real 1 sebagai masalah kontroversial matematis rekaman think-aloud angket self assessment dan rekaman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat 27 mahasiswa yang melakukan strategi metakognitif saat menyelesaikan masalah kontroversial matematis. Hal tersebut ditandai dengan munculnya tahapan planning monitoring dan evaluating saat mahasiswa menyelesaikan masalah kontroversial matematis. Mahasiswa yang terpilih menjadi subjek penelitian dapat dibedakan menjadi dua kategori yaitu strategi metakognitif benar dan lengkap serta strategi metakognitif benar dan kurang lengkap. Berdasarkan kerangka teori yang dibangun analisis data dan pembahasannya dapat disimpulkan bahwa strategi metakognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematis dibagi dalam dua kategori strategi metakognitif benar dan lengkap serta strategi metakognitif benar dan kurang lengkap dimana masing-masing kategori memiliki urutan kegiatan yang berbeda dalam tahapan strategi metakognitif. Strategi metakognitif benar dan lengkap mempunyai dua urutan kegiatan yaitu 1) P1 P2 P3 P4 untuk tahapan planning M1 M2 M3 M4 untuk tahapan monitoring dan E1 E2 untuk tahapan evaluating 2) P3 P1 P2 P4 untuk tahapan planning M2 M1 M3 M4 untuk tahapan monitoring dan E1 E2 untuk tahapan evaluating. Strategi metakognitif benar dan kurang lengkap juga mempunyai dua urutan kegiatan yaitu 1) P2 P1 P3 P4 untuk tahapan planning M1 M3 M4 untuk tahapan monitoring dan E1 untuk tahapan evaluating 2) P2 P1 P3 P4 untuk tahapan planning M1 M3 M4 untuk tahapan monitoring dan E1 E2 untuk tahapan evaluating. Strategi metakognitif benar dan lengkap pada tahapan planning mencakup kegiatan mengidentifikasi kembali hal-hal yang diketahui pada masalah kontroversial matematis memikirkan kembali pertanyaan dalam masalah kontroversial matematis dan mengaitkannya dengan konsep prosedur prinsip dan masalah yang pernah dipelajari menyadari kembali adanya pertentangan dalam masalah kontroversial matematis yang dikaitkan dengan fakta empiris dan memikirkan kembali langkah penyelesaian masalah kontroversial matematis yang harus dilakukan selanjutnya. Pada tahapan monitoring kegiatan yang muncul adalah mengontrol proses penyelesaian masalah kontroversial matematis menggunakan pengetahuan yang pernah dimiliki menelusuri kembali hal-hal yang digunakan untuk menyelesaikan masalah kontroversial matematis memikirkan kembali urutan langkah penyelesaian masalah kontroversial matematis dan memeriksa kembali hasil jawaban masalah kontroversial matematis yang telah selesai dikerjakan. Sedangkan pada tahapan evaluating kegiatan yang muncul adalah menglarifikasi memperkuat dan memperbaiki kembali solusi dari masalah kontroversial matematis serta menyimpulkan kembali solusi dari masalah kontroversial matematis. Strategi metakognitif benar dan kurang lengkap pada tahapan planning mencakup kegiatan mengidentifikasi kembali hal-hal yang diketahui pada masalah kontroversial matematis memikirkan kembali hal yang ditanyakan dalam masalah kontroversial matematis dan mengaitkannya dengan konsep prosedur prinsip dan masalah yang pernah dipelajari menyadari kembali adanya pertentangan dalam masalah kontroversial matematis yang dikaitkan dengan fakta empiris dan memikirkan kembali langkah penyelesaian masalah kontroversial matematis yang harus dilakukan selanjutnya. Pada tahapan monitoring kegiatan yang muncul adalah mengontrol proses penyelesaian masalah kontroversial matematis menggunakan pengetahuan yang pernah dimiliki memikirkan kembali urutan langkah penyelesaian masalah kontroversial matematis dan memeriksa kembali hasil jawaban masalah kontroversial matematis yang telah selesai dikerjakan. Sedangkan pada tahapan evaluating kegiatan yang muncul adalah menglarifikasi memperkuat dan memperbaiki kembali solusi dari masalah kontroversial matematis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349427

Actions (login required)

View Item View Item