Pengembangan model Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) secara online / Rusita Purna Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) secara online / Rusita Purna Putri

Putri, Rusita Purna (2012) Pengembangan model Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) secara online / Rusita Purna Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan EDOM teknologi informasi Dalam kemajuan teknologi saat ini penilaian dosen dapat dilakukan melalui internet yaitu secara online. Tiap semester tidak perlu lagi biaya pengadaan angket yang begitu besar. Pengisian angket pun akan lebih mudah flexible dan portable tidak membuang waktu untuk pembagian angket dan pengisian angket. Dengan menggunakan database dosen tidak perlu lagi repot dalam menyimpan data rekaman dari hasil angket penilaian mahasiswa yang menumpuk dan memakan tempat yang cukup banyak tiap semesternya. Pengoreksian balikan perkulihan juga akan lebih mudah dan cepat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan desain EDOM konvensional (2) Untuk menciptakan desain sistem EDOM secara online dan (3) Menciptakan software Database EDOM Jurusan AP FIP UM. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rancangan penelitian pengembangan model prosedural. Dari beberapa pendapat para ahli yaitu Hartono Scoot dan Page Hooper dapat disimpulkan bahwa siklus pengembangan sistem adalah sebagai berikut (1) Merencanakan sistem (2) Studi pendahuluan (3) Analisis sistem (4) Desain sistem (5) Implementasi. Dalam hal ini produk yang dihasilkan adalah sebuah website balikan perkuliahan. Dari hasil yang diperoleh rata-rata hasil penilaian validator untuk desain EDOM adalah 80% penggunaan navigasi 85% tata letak navigasi 85% daya tarik isi EDOM 75% kemudahan dalam pengoperasian 90% kemudahan dalam mengakses EDOM 80% efektif untuk mewadahi balikan perkuliahan 80% keakuratan data dengan produk 95% kesesuaian script/kode dengan produk 85% kesesuaian alur flowchart 85% atau masuk dalam kategori baik dan layak untuk digunakan. tanggapan dari responden mahasiswa dan dosen diperoleh ketepatan program 70 6% kesesuaian program 74 9% kelayakan program 72% dan daya tarik program 72% atau masuk dalam kategori baik. Hasil pengembangan produk ini memberikan beberapa implikasi antara lain (1) Implikasi terhadap proses pelaksanaan evaluasi kurangnya partisipasi mahasiswa dalam pengisian balikan perkuliahan mempengaruhi kesuksesan program EDOM ini sehingga perlu menghimbau setiap mahasiswa untuk mengisi balikan perkuliahan EDOM Online pada setiap akhir semester (2) Implikasi terhadap laporan hasil balikan perkuliahan kurangnya kepedulian dosen terhadap hasil penilaian yang diperoleh sehingga perlu menghimbau dosen untuk mengunjungi web EDOM Online agar mengetahui hasil balikan perkuliahan sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja dalam mengajar (3) Implikasi terhadap pihak penyelenggara untuk mempublikasikan program EDOM Online sehingga mampu diterima oleh kalangan mahasiswa dan dosen dengan baik. Saran penelitian ini tertuju bagi (1) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang hendaknya mewajibkan setiap Mahasiswa untuk mengisi balikan perkuliahan dan mewajibkan dosen untuk mengunjungi website EDOM Online (2) Dosen AP FIP UM hendaknya berkenan untuk mengunjungi website EDOM online untuk mengetahui hasil balikan perkuliahan sehingga dapat mengukur tingkat kinerja dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas kinerja dalam mengajar (3) Mahasiswa AP FIP UM hendaknya mengisi balikan perkuliahan pada website EDOM online setiap akhir semester (4) Peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3494

Actions (login required)

View Item View Item