Transformasi strategi dalam berpikir konektif siswa pada penyelesaian masalah matematika / Nurfaida Tasni - Repositori Universitas Negeri Malang

Transformasi strategi dalam berpikir konektif siswa pada penyelesaian masalah matematika / Nurfaida Tasni

Tasni, Nurfaida (2019) Transformasi strategi dalam berpikir konektif siswa pada penyelesaian masalah matematika / Nurfaida Tasni. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurfaida Tasni 2019. Transformasi Strategi dalam Berpikir Konektif Siswa Pada Penyelesaian Masalah Matematika. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. H. Toto Nusantara. M.Si (II) Dr. Erry Hidayanto. M.Si (III) Dr. Sisworo. M.Si. Kata Kunci Transformasi Strategi berpikir konektif refleksi lubang konstruksi Proses kognitif dalam membuat pengaitan antara ide-ide matematis ketika menyelesaikan masalah merupakan proses berpikir konektif yang terdiri dari tiga kategori yaitu sederhana semi produktif dan produktif. Berpikir konektif sederhana adalah proses kognitif dalam menghubungkan ide-ide matematis akan tetapi ide-ide tersebut hanya sekedar dihubungkan dan tidak bisa digunakan untuk mengonstruksi ide-ide baru yang diperlukan dalam proses penyelesaian masalah. Berpikir konektif semi produktif adalah proses kognitif dalam menghubungkan ide-ide matematis dimana ide-ide yang dihubungkan hanya dapat diinterpretasikan untuk menyelesaikan masalah sederhana sedangkan berpikir konektif produktif adalah proses kognitif dalam menghubungkan ide-ide matematis dimana ide-ide yang dihubungkan dapat digunakan untuk mengonstruksi ide-ide baru sampai membentuk skema jaringan berpikir konektif yang dapat diinterpretasikan untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks. Oleh karena itu siswa yang memiliki kecenderungan berpikir konektif sederhana dan semi produktif hanya mampu membangun hubungan antara ide-ide koneksi berdasarkan informasi yang diberikan dan tidak mampu membangun ide-ide baru berdasarkan hubungan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan transformasi strategi dalam berpikir konektif siswa pada penyelesaian masalah matematika. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian dipilih dari 85 orang siswa SMA Kelas XI yang telah mempelajari materi Geometri bangun datar aritmetika pola bilangan dan aljabar. Selanjunya siswa diberikan tes awal untuk mengidentifikasi kecenderungan berpikir konektif yang dimiliki. Berdasarkan Tes awal diperoleh data 59 orang siswa yang berada dalam kecenderungan berpikir konektif sederhana 16 orang siswa yang berada pada kecenderungan berpikir konektif semi produktif dan 7 orang siswa yang berada pada kecenderungan berpikir konektif produktif. Karena fokus penelitian melihat transformasi strategi dalam berpikir konektif yang akhirnya memicu terjadinya perubahan berpikir konektif ke arah yang lebih produktif maka pengambilan subjek difokuskan pada kelompok siswa yang berada pada kecenderungan berpikir konektif sederhana dan semi produktif. Siswa yang berada dalam kecenderungan berpikir konektif sederhana dan semi produktif selanjutnya diamati transformasi strateginya dalam membangun koneksi awal dan koneksi akhir melalui proses think-aloud I dan II pada penyelesaian masalah matematika. Selanjutnya dilakukan pemilihan subjek dengan menggunakan metode perbandingan tetap yaitu diambil dua subjek untuk setiap kategori transformasi strategi. Peneliti sebagai instrument utama penelitian dan instrument penelitian pendukung adalah hasil think-aloud hasil kerja tertulis dan hasil wawancara sebelum dan setelah refleksi yang diperoleh ketika siswa menyelesaikan tugas penyelesaian masalah koneksi. Semua data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Penelitian ini menemukan tiga kategori transformasi strategi dalam berpikir konektif siswa setelah refleksi yaitu Transformasi Strategi Connective Planning Process Transformasi Strategi Connective Thinking Action dan Transformasi Strategi Connective Desired Result. Transformasi Strategi Connective Planning Process yaitu transformasi strategi konektif siswa yang terjadi dengan menemukan informasi yang logis dan masuk akal untuk merancang strategi penyelesaian masalah melalui pengumplan data yang terfokus dan interpretasi data yang sesuai agar diperoleh keputusan yang reliabel terhadap ide-ide koneksi sehingga mampu merencanakan aksi yang strategis. Transformasi Strategi Connective Thinking Action yaitu transformasi strategi konektif siswa yang terjadi dengan memverifikasi dan memutuskan untuk mengolah masalah melalui pengecekan dan proses evaluasi berkelanjutan untuk menyusun beberapa skenario berdasarkan ide-ide koneksi yang dibangun agar mampu memutuskan penggunaan suatu strategi yang tepat untuk menemukan solusi masalah. Transformasi Strategi Connective Desired Result yaitu transformasi strategi konektif siswa yang terjadi dengan mengevaluasi dan merekonstruksi seluruh proses penyelesaian masalah melalui gambaran yang jelas tentang strategi berpikir dan membangun ide-ide koneksi baru yang sesuai sehingga terbentuk skema jaringan berpikir konektif yang dapat diinterpretasikan dalam menemukan solusi masalah kompleks yang dapat digeneralisasikan pada domain penyelesaian masalah lainnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349376

Actions (login required)

View Item View Item