Pengembangan modul akuntansi bermuatan collaborative learning dan nilai karakter pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Madiun / Dewi Permata Tri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul akuntansi bermuatan collaborative learning dan nilai karakter pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Madiun / Dewi Permata Tri

Tri, Dewi Permata (2017) Pengembangan modul akuntansi bermuatan collaborative learning dan nilai karakter pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Madiun / Dewi Permata Tri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permata Dewi. 2016. Pengembangan Modul Akuntansi dengan Muatan Collaborative Learning dan Nilai Karakter pada Siswa kelas XI IPS Sma Negeri 4 Kota Madiun. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc (II) Sriyani Mentari S.Pd. M.M. Kata Kunci modul akuntansi collaborative learning nilai karakter Penelitian bertujuan untuk untuk mengembangkan modul akuntansi bermuatan collaborative learning dan nilai karakter untuk Standart Kompetensi Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI IPS salah satu SMA di kota Madiun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian yang berupa paparan presentase dalam angket validasi dan paparan saran dan kritik dalam angket yang diberikan pada siswa guru dan dosen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi langsung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen angke validasi yang diberikan pada beberapa siswa guru dan dosen. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan teknis analisis persentase. Kegiatan analisis data kualitatif diambil dari saran kritik dan komentar para validator dan untuk data kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga temuan sebagai berikut. Pertama modul bermuatan collaborative learning yang telah dikembangkan dapat membantu siswa untuk terlibat aktif dalam keompok dan berkerjasama dan kritis untuk menyelesaikan tugas-tugas kelompok. Hal ini membuat suasana kelas menjadi lebih aktif karena pembelajaran berpusat pada siswa. Kedua nilai karakter yang dipaparkan dalam modul ini tidak tertulis secara fisik ini dikarenakan kekhawatiran akan diabaikannya tulisan yang bukan termasuk materi akuntansi. Diajarkan secara lansung saat penjelasan materi dan contoh dirasa cukup dipahami oleh siswa karena siswa mendengar langsung. Ketiga diambil kesimpulan dari validasi yang telah dilakukan modul akuntansi bermuatan collaborative learning dan nilai karakter ini bisa digunakan untuk bahan pendamping untuk buku pelajaran dan siswa dapat cepat memahami karena keringkasan dalam penjabaran materi. Permata Dewi. 2016. Accounting Module development with Payload Collaborative Learning and Character Values of Students in class XI IPS Sma Negeri 4 Madiun. Accounting Education Programs. Faculty of Economics. Advisor (1) ) Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc (II) Sriyani Mentari S.Pd. M.M. Keyword accounting module collaborative learning the value of character education This research aims to develop collaborative learning accounting modules and value-laden character for Competency Standard Lesson of Trade Company in Accounting Class XI IPS one of senior high school in Madiun. This study designed was descriptive qualitative and quantitative research. The research data in the form of a percentage of exposure in the questionnaire validation and exposure to suggestions and criticism in the questionnaire given to the students teachers and lecturers. The data collection was done by using direct observation. The instrument used to collect data in the form of instruments Angke validation given to several students teachers and lecturers. To maintain the validity of the data carried out technical activities percentage analysis. Activity analysis of qualitative data taken from suggestions criticisms and comments of the validator and for quantitative data analysis techniques using percentages. Based on the results of the data analysis three findings obtained the following results. First the charged collaborative learning module has been developed to help students to be involved in groups and collaboration and critical to complete group tasks actively. This makes the classroom atmosphere becomes more active as a student-centered learning. Second the value of the character described in this module is not physically written is because fears of a waiver of writing that is not including materials accounting. Taught in directly when the explanations of material and examples are considered to be understood by students for students to follow directly. Third the conclusions drawn from the validation has been done the accounting module loaded collaborative learning and the value of these characters can be used for a companion material for textbooks and students can quickly grasp for brevity in the elaboration of the material.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34936

Actions (login required)

View Item View Item