Pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach di SMK / Inna Kumalawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach di SMK / Inna Kumalawati

Kumalawati, Inna (2017) Pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach di SMK / Inna Kumalawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kumalawati Inna . 2016. Pengembangan E-Modul Akuntansi Berbasis Scientific Approach di SMK. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suparti M.P. (2) Diana Tien Irafahmi S. Pd M. Ed. Kata Kunci Pengembangan E-Modul Akuntansi Pendekatan Saintifik Bahan ajar merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk dari bahan ajar adalah modul. Modul elektronik adalah modul yang disajikan dalam bentuk elektronik atau digital yang bersifat interaktif. Modul elektronik bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam belajar sesuai dengan kecepatan dan caranya masing-masing. Modul elektronik ini dibuat untuk mengatasi permasalahan yang ada di dunia pendidikan yakni kebosanan yang selalu dialami oleh siswa karena menggunakan modul konstektual. Modul elektronik berbasis saintifik merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu mengoptimalkan proses berpikir ilmiah pada siswa. Pemanfaatan modul elektronik akuntansi berbasis saintifik diduga mampu meningkatkan motivasi siswa hal ini dikarenakan tampilan yang disajikan mampu menyuguhkan materi dalam bentuk teks gambar audio serta video. Penggunaan elektronik modul berbasis saintifik diharapkan dapat mempermudah siswa untuk belajar khususnya pada materi akuntansi perusahaan jasa. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Borg dan Gall dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari 1) Studi Pendahuluan 2) Pengembangan Produk Awal 3) Penyusunan Produk 4) Validasi Ahli 5) Revisi Produk 1 6) Uji Coba Terbatas 7) Revisi Produk Akhir dan Produk Akhir. . Pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach ini diuji cobakan kepada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan antara lain tanggapan ahli materi media uji coba lapangan. Hasil penelitian pengembangan e-modul akuntansi berbasis scientific approach diperoleh presentase ahli materi 88 3% ahli media 91 2% uji coba lapangan 89 7% dan 86 1%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul akuntansi berbasis scientific approach layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tesebut dapat disimpulkan bahwa e-modul akuntansi berbasis scientific approach dapat membantu meningkatkan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran. E-modul juga dapat digunakan secara mandiri oleh siswa sehingga dapat memudahkan guru dalam proses penjelasan materi maupun kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Saran untuk pemanfaatan e-modul akuntansi berbasis scientific approach adalah (a) sebelum guru menggunakan e-modul dalam kegiatan pembelajaran guru terlebih dahulu membaca buku petunjuk penggunaan e-modul (b) guru sebagai fasilitator diharapkan untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar terutama ketika memberikan arahan kepada siswa saat pertama kali mengguanakan e-modul. ABSTRACT Kumalawati Inna . 2016. The Development of Accounting e-Modul based on Scientific Approach in Vocational School. Sarjana s Thesis. Departement of Accounting. Faculty of Economics State University of Malang. Advisors (1) Dr. Suparti M.P. (2) Diana Tien Irafahmi S. Pd M. Ed. Keywords Development E-Modul Accounting Scientific approach Learning material is one of the assistive tools to be used to support the learning activity. One of the learning material forms is module. Electronic module is a module presented in the form of interactive electronic or digital. The electronic module aims to provide chances for learners in the learning process so that it can be adjusted to each learner speed and manner. This electronic module is created to overcome any existing problems in the world of education namely boredom always experienced by students because of using contextual modules. Scientific-based electronic module is one solution to be used to help to optimize students scientific thinking process. Utilization of scientific-based accounting electronic module is allegedly to be able to increase student motivation this is because the presented display is able to present materials in the form of text images audio and video. The use of electronic-based scientific module is expected to facilitate students to learn especially on the accounting material services company. Development method used in this research is Borg and Gall method with development procedure consisting of 1) Preliminary Study 2) Initial Product Development 3) Product Preparation 4) Expert Validation 5) Product Revision 1 6) Limited Trial 7) Revised Final and End Products. . Development of this scientific approach-based accounting e-module is tested for students in XI class Vocational High School Muhammadiyah 5 Kepanjen. Types of the data used in this study are qualitative and quantitative data. Data collection techniques in this development is using questionnaires. Data analysis techniques used include responses by material media experts and field trials. Result of the research on the development of scientific approach-based accounting e-module is obtained the material expert presentation by 88 3% media expert by 91 2% field trial by 89 7% and 86 1%. From these results it can be concluded that scientific approach-based accounting e-module is feasible and can be used as teaching materials in the learning process. Based on the results of this research it can be concluded that scientific approach-based accounting e-module can help to increase student interest in learning activities. E-modules can also be used independently by students so that it can facilitate teachers in material explanation and teaching process as well as in on going learning activities. Suggestions for the utilization of the scientific approach-based accounting e-module are (a) before teachers use e-module in learning activities teachers first read the user manual of e-module (b) teachers as facilitators are expected to be more active in teaching and learning activities When giving directions to students at the first time they use the e-module.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34935

Actions (login required)

View Item View Item