Pengembangan modul pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok siklus akuntansi perusahaan dagang di sekolah menengah kejuruan / Dwi Andita

Andita, Dwi (2017) Pengembangan modul pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok siklus akuntansi perusahaan dagang di sekolah menengah kejuruan / Dwi Andita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andita, Dwi. 2016. PengembanganModulPembelajaranAkuntansiBerbasisInkuiriTerbimbingpadaMateriPokokSiklusAkuntansi Perusahaan Dagang di SekolahMenengahKejuruan.Skripsi, JurusanAkuntansi, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) SriyaniMentari, S.Pd, M.M, (II) Dr. NurikaRestuningdiah, S.E, Ak.,M.Si Kata Kunci :ModulAkuntansiBerbasisInkuiri Terbimbing Ciriproses pembelajaran yang baiksalahsatunyaadalahpembelajaran yang dapatmembuatsiswaaktifdanmengembangkankreativitassiswa. Salah satupembelajaran yang dapatmengembangkancarabelajarsiswaaktifadalahinkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbingmerupakanpembelajaran yang menekankanpadakegiatanbelajar yang lebihbersifataktifkarenaadasejumlah proses mental yang dilakukansiswa. Inkuiri terbimbingmemberikesempatankepadasiswauntukbelajarsesuaidengankecepatannyamasing-masingkarenasiswamenemukansendirikonsep, pengertianatauprinsip-prinsipumum. Hal tersebutsesuaidenganmodul yang merupakansuatupaket yang disediakanuntukbelajarmandirisehinggainkuiri terbimbingsangatcocokuntukdiintegrasikan di dalammodul. Berdasarkanobservasi di SMK Islam Batu, penggunaansumberbelajarpadapembelajaranakuntansimasihterbataspadabukupaket.Pembelajaranlebihdidominasiolehpemberianlatihan-latihansoalsehinggadalam proses pembelajaransiswatidakbisamembangunsikapaktifdankreatif. Permasalahantersebutdapatdiatasidenganmengembangkanbahanajar yang dapatmendukung proses pembelajaranyaitumoduldenganmuataninkuiri terbimbing di dalamnya. Moduldikembangkandenganmengadaptasimodel pembelajaranADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation)yang dikembangkanoleh Piaget,meliputianalisiskebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi atau pelaksanaan dan evaluasi. Ujikelayakandilakukanmelaluivalidasiahlipengembanganbahan ajar, ahlimateri, danujicobalapanganterbatas (siswa) sedangkanujiefektifitasdilakukandenganmenggunakangainscore (selisihnilai posttest dan pretest) siswa.Hasilujikelayakanmenunjukkanmodul yang dikembangkan cukup valid dengan rata-rata total penilaian77,78%. Walaupunsudahdinyatakan valid, revisitetapdilakukanpadabeberapabagian yang ditunjukkanoleh validator.Hasilujiefektifitasmenunjukkanbahwamodul yang dikembangkanefektif.Hal tersebutditunjukkandarinilaisignifikansiuji Independent Sample T-Test sebesar0,023. Modulinidapatdigunakanolehsiswauntukmembantumenemukankonsep, pengertianataupengetahuanbarumengenaisiklus akuntansiperusahaandagang.Bagi guru, modulinibergunasebagaibahanajarpenunjang proses pembelajaran. Bagipenelitilain, dapatdijadikaninspirasiataurujukandalammengembangkanbahan ajar yang lebihbaiklagipadamateriakuntansilainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34929

Actions (login required)

View Item View Item