Fatmawati, Ira (2022) Model bahan ajar menulis puisi dengan pendekatan literasi kreatif bermuatan pendidikan ekologi / Ira Fatmawati</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Fatmawati Ira.2022. Model Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Pendekatan Literasi Kreatif Pendidikan Ekologi.. Disertasi. Program studi Pendidikan Bahasa Indnesia Fakultas sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd. (2) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (3) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci model bahan ajar puisi alih wahana pendidikan ekologi Latar belakang dari penelitian dan pengembangan model bahan ajar menulis puisi dengan pendekatan literasi kreatif berbasis pendidikan ekologi ini yaitu menghasilkan referensi tambahan pada pengampu matakuliah menulis kreatif. Hal ini dilakukan karena (1) mahasiswa merasa kesulitan dalam mengawali kegiatan menulis puisi (2) mahasiswa menulis puisi hanya berdasarkan hasil imajinasi (3) mahasiswa masih kurang percaya diri dalam menulis puisi (4) diperlukan model menulis puisi yang beragam. Oleh karena itu perlunya pengkajian untuk mengembangkan sebuah model bahan ajar menulis puisi. Dengan harapan mahasiswa dapat dengan mudah menulis puisi yang berkaitan dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) menghasilkan model bahan ajar menulis puisi dengan orientasi alih wahana berbasis pendidikan ekologi (2) mendeskripsikan efektivitas model menulis puisi dengan orientasi alih wahana berbasis pendidikan ekologi. Pengembangan model bahan ajar dilakukan melalui pendekatan alih wahana. Alih wahana merupakan kegitan mengubah bentuk teks wacana menjadi bentuk yang lain. Kegitan membaca teks yaitu adanya proses menginterpretasi makna dari berbagai jenis teks dengan tahapan memahami mengasosiasi menganalisis dan menyajikan. Kegiatan berikutnya yaitu mengalihwahanakan menjadi puisi yang memiliki nilai pendidikan ekologi tertentu. Model penelitian dan pengembangan ini yaitu model pengembangan R2D2 (Recursive Reflective Design and Development). Model penelitian R2D2 memiliki empat prinsip yaitu (1) recursion (2) reflection (3) nonlinier dan (4) partisipatori. Pada tahap recursion pengembang diberikan kesempatan untuk menentukan keputusan sementara dan dapat terus berkembang selama proses pengembangan. Reflection berikut ini berarti pengembang diberi kesempatan untuk melakukan refleksi berpikir ulang secara mendalam dari kritik saran ide yang masuk selama proses pengembangan. Non linear maksudnya adalah pengembang diberikan kesempatan untuk melakukan pengembangan secara acak atau tidak urut dan merevisi produk secara berkelanjutan. Partisipatori yaitu adanya tim partisipan yang dilibatkan dalam proses pengembangan. Deskripsi produk model bahan ajar menulis puisi dengna pendekatan literasi kreatif berbasis pendidikan ekologi dipaparkan pada unit-unit berikut ini. 1) Pengantar 2) model struktur biografi fokus pengalaman ekologis 3) model struktur artikel popular fokus opini ekologis 4) model struktur teks berita fokus sketsa peristiwa ekologis 5) model struktur teks wawancara fokus kritik ekologi. Data pada penelitian ini berupa data verbal dan data numerik. Data verbal diperoleh dari hasil saran penilaian ahli praktisi dan proses uji lapangan. Sedangkan data numerik diperoleh dari hasil penilaian terhadap produk yaitu uji efektivitas. Hasil uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil pretes dan postest. Hasil uji t pada unit 1 menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar -32 418 dengan df (degree of Freedom) 29 dan signifikam 0 000. Sedangkan nilai t-tabel untuk df 29 Pada taraf nyata 95% adalah 1 699. Karena Nilai t Hitung -32 418 lt -1 699 signifikan 0 000 lt 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dengan post test. Hasil uji t pada unit 2 yaitu nilai t-hitung sebesar -24 235 dengan df (degree of Freedom) 29 dan signifikam 0 000 sedangkan nilai t-tabel untuk df 29 Pada taraf nyata 95% adalah 1 699. Karena nilai t hitung -24 235 lt -1 699 signifikan 0 000 lt 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dengan post test. Hasil uji t pada unit 3 yaitu nilai t-hitung sebesar -20 924 dengan df (degree of Freedom) 29 dan signifikam 0 000. Sedangkan nilai t-tabel untuk df 29 Pada taraf nyata 95% adalah 1 699. Karena Nilai t Hitung -20 924 lt -1 699 signifikan 0 000 lt 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dengan post test. Hasil uji t pada unit 4 diperoleh nilai t-hitung sebesar -17 994 dengan df (degree of Freedom) 29 dan signifikam 0 000. Sedangkan nilai t-tabel untuk df 29 Pada taraf nyata 95% adalah 1 699. Karena nilai t hitung -17 994 lt -1 699 signifikan 0 000 lt 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dengan post test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model bahan ajar menulis puisi berorientasi alih wahana berbasis pendidikan ekologi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/349261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |