Penerapan model pembelajaran kooperatif improve untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran akuntansi / Maulidya Prasadena - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif improve untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran akuntansi / Maulidya Prasadena

Prasadena, Maulidya (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif improve untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran akuntansi / Maulidya Prasadena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasadena Maulidya. 2016. Penerapan Model PembelajaranKooperatif IMPROVE untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelas X AK SMK Negeri I Pasuruanpada Mata PelajaranAkuntansi. Skripsi JurusanAkuntansi Program StudiPendidikanAkuntansi FE. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Hj. YuliWidiAstuti S.E. M.Si. C.A. Kata kunci pembelajarankooperatif model IMPROVE hasilbelajarsiswa. Rendahnyanilai yang diperolehsiswadisebabkankesulitandalammemahamimaterimatapelajaranakuntansi.Kesulitanmemahamitersebutmembuatsiswalebihbanyakmenghafaldalamcarabelajarnya sehinggaberdampakpadasaatpengerjaansoal. Rata-rata siswakesulitanuntukmengembangkanjawabansesuaipemahamanmereka.Penggunaan model pembelajaranIMPROVEdidugaselainmampumenimbulkankeaktifansiswa meningkatkanpemahaman yang berdampakpositifpadahasilbelajarsiswa dansangatefektifjikaditerapkandalampembelajaranakuntansi yang membutuhkanpenalaran. Model pembelajarantersebutdapatberjalanapabiladidukungdenganpotensi di kelasmeliputikompetensi yang ingindicapai guru fasilitas yang cukupmemadai dansiswa yang jugamemiliki rasa ingintahudalambelajar. Tujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanbagaimanapenerapan model pembelajarankooperatifIMPROVE dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Subjekpenelitiannyaadalahsiswakelas X AK 2 SMK Negeri I Pasuruansebanyak 34 siswa.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model pembelajarankooperatifIMPROVE meningkatkanhasilbelajarsiswa. Siswa yang memperolehnilai di atas KKM saatsebelumpelaksanaantindakansebanyak 14 siswa sedangkanpadatesevaluasisiklus I siswa yang memperolehnilai di atas KKM yaitu 22 siswa.Penerapandilakukankembalipadasiklusselanjutnyadanmenunjukkanhasiltesevaluasisiklus II siswa yang memperolehnilai di atas KKM yaitu 28 siswa.Hal inimenunjukkanpeningkatandarisiklussebelumnyakarenapelaksanaantindakandilakukansecaramaksimaldenganperbaikanuntukmenyesuaikankondisi di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34925

Actions (login required)

View Item View Item