Pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan sparkol videoscribe pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa di SMK / Fitria Aristasari

Aristasari, Fitria (2017) Pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan sparkol videoscribe pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa di SMK / Fitria Aristasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aristasari, Fitria. 2016. Pengembangan Multimedia InteraktifdenganMenggunakanSparkolVideoscribepada Mata PelajaranAkuntansi Perusahaan Jasa di SMK. Skripsi, JurusanAkuntansi, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suparti, M.P (II) Dr. SatiaNur Maharani, S.E., M.SA.,Ak. Kata Kunci: MultimediaInteraktif, SparkolVideoscribe, SiklusAkuntansiPerusahaanJasa Media pembelajaran yang saatinisudahbanyakdikembangkanadalah media pembelajaranberbasismultimedia interaktif, yaitupengembangan media pembelajarandenganmenggunakan video. Dalam proses belajar mengajar, guru sudah memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran seperti microsoft powerpoint akan tetapi media yang digunakan masih belum menarik perhatian dan memotivasi siswa dalam belajar akuntansi. Oleh karena itu, pemanfaatan multimedia interaktif dengan menggunakan Sparkol Videoscribe dapat dijadikan sebagai inovasi untukmenarik perhatian siswa dalam belajar dan menjadi sebuah alternatif dalam mengatasi permasalahan kejenuhan dalam proses pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Borg & Gall (1989) yang telah dimodifikasi untuk disesuaikan dengan keadaan lapangan, keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya yang terdiri dari (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) pengembangan produk awal, (3) uji coba lapangan awal, (4) merevisi hasil uji coba, (5) uji coba lapangan, (6) penyempurnaan produk, dan (7) produk akhir. Kegiatan uji coba produk dilaksanakan pada kelas X AKSMK PGRI 2 Malang sejumlah 15 siswa yang dipilih secara acak. Jenis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrimen yang digunakan berbentuk kuesioner atau angket. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 92,8%, ahli materi sebesar 86,15%, uji coba pengguna guru sebesar 86,25%, dan uji coba pengguna siswa sebesar 88%, sehingga rata-rata keseluruhan validasi sebesar 88,3%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa mutimedia interaktif dengan menggunakan Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran akuntansi di SMK dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas maupun secara mandiri.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepada guru khususnya, untukmemanfaatkanproduk multimedia interaktifdenganbantuanbukupetunjukpenggunaandalam proses pembelajaran. Saran kepadapengembangselanjutnyadapatmembuatprodukdengankonsepdanmateriyang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34922

Actions (login required)

View Item View Item