Pengembangan media pembelajaran M-Learning berbentuk E-book dengan format EPIB pada materi Penyusutan Aktiva Tetap SMK / Restu Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran M-Learning berbentuk E-book dengan format EPIB pada materi Penyusutan Aktiva Tetap SMK / Restu Kurniasari

Kurniasari, Restu (2017) Pengembangan media pembelajaran M-Learning berbentuk E-book dengan format EPIB pada materi Penyusutan Aktiva Tetap SMK / Restu Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Restu Kurniasari.2016.Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Berbentuk E-book dengan Format Epub pada Materi Penyusutan Aktiva Tetap SMK. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd M.Si.Ak. C.A. (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si.Ak. C.A. Kata Kunci media pembelajaran m-learning e-book epub Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kepada guru kelas XI Akuntasi SMK 2 Blitar diketahui bahwa sebagian besar siswa kelas XI kesulitan dalam memahami materi penyusutan aktiva tetap. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kegiatan belajar mengajar di kelas karena terpotong oleh prakerin dan pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal. Media pembelajaran yang menarik dengan akses mudah dan pengoptimalan fasilitas yang dimiliki dapat menjadi solusi untuk mengurangi kesulitan dalam pemahaman materi. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran m-learnig berbentuk e-book yang dapat diakses dengan menggunakan smartphone dan tablet. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran m-learning berbentuk e-book dengan format epub untuk memudahkan siswa dalam belajar penyusutan aktiva tetap dan menguji kelayakan media pembelajaran tersebut. Model penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah yaitu (1) analisis kebutuhan. (2) pengembangan produk awal (3)validasi ahli (4) revisi produk I (5) uji coba lapangan (6) revisi produk II dan (7) produk akhir. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjenis data kualitatif yang dikuantifikasi berupa angket tertutup untuk validasi produk dan data kualitatif berupa kritik atau saran yang digunakan sebagai pertimbangan untuk merevisi produk. Berdasarkan data hasil validasi didapatkan nilai sebesar 97 50% dari ahli materi 88 64% dari ahli media dan 85 23% dari uji coba lapangan. Dari hasil yang validasi tersebut didapat nilai rata-rata sebesar 90 46%. Oleh karena itu media pembelajaran m-learning berbentuk e-book dengan format epub pada materi penyusutan aktiva tetap dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar. Saran untuk pengembang selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan produk dengan mata pelajaran lain atau materi akuntansi yang lain menambah keinteraktifan dan desain media serta dapat dioperasikan di berbagai perangkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34920

Actions (login required)

View Item View Item