Penerapan pembelajaran quantum learning dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan / Laila Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran quantum learning dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan / Laila Fatmawati

Fatmawati, Laila (2016) Penerapan pembelajaran quantum learning dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan / Laila Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati 2016.PenerapanPembelajaranQuantum LearningDenganTeknikMind MappingUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelas XIAkuntansi Di SmkNegeri 1 Pasuruan.Skripsi JurusanPendidikanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak (II) Hj. PujiHandayati S.E Ak M.M CA CMA. Kata Kunci Quantum Learning Mind Mapping HasilBelajar Berdasarkanobservasiawal di kelas XI akuntansi 3 SMK Negeri 1 Pasuruantampakbahwapembelajaranmasihberpusatpada guru siswakurangdilibatkansecaraaktifdalamkegiatanpembelajaran. Partisipasidanantusiasmesiswakurangpadasaat proses pembelajaran. Hal ini yang menyebabkanhasilbelajarsiswajugarendah diperolehdarihasildokumentasi guru hasilbelajarsiswamasihbanyak yangdibawah KKM. Salah satupembelajaran yang dapatmemperbaikipermasalah di kelastersebutadalahpenerapanQuantum LearningdenganteknikMind Mappinguntukmeningkatkanhasilbelajarakuntansisiswakelas XI akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Pasuruan. Subyekpenelitianadalahsiswakelas XI akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Pasuruantahunajaran2015/2016 denganjumlahsiswa 37. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasdenganduasiklus.Instrument yang digunakanmeliputilembarketerlaksanaanpembelajaran soalteskognitif lembarobservasiaspekafektif lembarobservasiaspekketerampilanmembuatMind Mapping RPP danhandout.Analisis data yang digunakanmeliputireduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranQuantum Learning denganteknikMind Mapping dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan.Hasilbelajaraspekkognitifmeningkatsebesar12 98%darisiklus I kesiklus II. Hasilbelajaraspekafektifmeningkat 10 53%darisiklus I 65 39 % kesiklus II 75 92%. HasilbelajaraspekketerampilanmembuatMind Mappingmeningkatsebesar 13 48% darisiklus I 74 58% kesiklus II 88 06%.Peningkatantersebutterjadikarenaadanyamotivasipadadirisiswa yang lebihaktif di kelas agar mendapatkannilai yang maksimaldanhasilbelajarnyameningkatefektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34913

Actions (login required)

View Item View Item