Pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA kelas XI Jurusan IPS (studi si SMAN Pronojiwo tahun 2015/2016) / Riska Tutik Darmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA kelas XI Jurusan IPS (studi si SMAN Pronojiwo tahun 2015/2016) / Riska Tutik Darmawati

Darmawati, Riska Tutik (2016) Pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA kelas XI Jurusan IPS (studi si SMAN Pronojiwo tahun 2015/2016) / Riska Tutik Darmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darmawati Riska Tutik. 2016. Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMA Kelas XI Jurusan IPS (Studi di SMAN Pronojiwo Tahun 2015/2016). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (2) Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Minat Belajar Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Belajar adalah suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang mencakup perubahan tingkah laku sikap kebiasaan ilmu pengetahuan keterampilan dan sebagainya. Faktor yang mempengaruhi belajar dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berupa motivasi minat bakat kebiasaan belajar maupun kecerdasan siswa itu sendiri dan faktor eksternal seperti sarana dan prasarana sekolah kurikulum guru lingkungan dan materi pelajaran. Namun dalam penelitian ini faktor belajar yang diteliti hanya faktor internal saja meliputi minat belajar dan kebiasaan belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Kelas XI IPS di SMAN Pronojiwo Tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana responden penelitiannya berjumlah 70 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey eksplanasi. Teknik analisis ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMAN Pronojiwo 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMAN Pronojiwo dan 3) untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMAN Pronojiwo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMAN Pronojiwo sebesar 0 114 2) kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMAN Pronojiwo sebesar 0 839 dan 3) variabel yang berpengaruh dominan adalah variabel kebiasaan belajar dimana 0 839 0 114. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan agar pendidik mampu menumbuhkan minat belajar dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat memiliki minat belajar dan kebiasaan belajar yang baik sehingga diperoleh hasil belajar akuntansi yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34912

Actions (login required)

View Item View Item