Pengembangan modul berbasis elektronik dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran pengantar akuntansidan keuangan kelas X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Nur Hayyu Khosyiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis elektronik dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran pengantar akuntansidan keuangan kelas X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Nur Hayyu Khosyiyati

Khosyiyati, Nur Hayyu (2016) Pengembangan modul berbasis elektronik dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran pengantar akuntansidan keuangan kelas X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Nur Hayyu Khosyiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khosyiyati Nur Hayyu. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Elektronik dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sriyani Mentari S.Pd. M.M. (2) Ika Putri Larasati S.E. MCom. Kata Kunci Modul Modul Berbasis Elektronik dengan Pendekatan Saintifik Modul merupakan bentuk bahan ajar yang memberikan kesempatan peserta didik untuk belajar mandiri sesuai dengan kecepatan pemahaman dan gaya belajar masing-masing peserta didik. Modul yang didukung dengan perkembangan teknologi akan semakin meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Dalam membuat bahan ajar tidak lepas dari kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik sebagai ciri khas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk modul berbasis elektronik dengan pendekatan saintifik yang telah melalui proses validasi sehingga dinyatakan efektif meningkatkan hasil belahar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Tahapan meliputi analisis kebutuhan pengembangan produk awal validasi ahli revisi I uji coba lapangan terbatas revisi II dan produk akhir. Validasi modul elektronik dengan pendekatan saintifik dilakukan oleh tiga subjek ahli yaitu ahli media materi dan pengguna. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul elektronik efektifmeningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu modul elektronik terdapat keterbatasan yaitu tidak memungkinkan adanya interaksi antara siswa dan guru atau antar siswa menggunakan akses internet untuk mengerjakan soal latihan dan siswa tidak dapat mengetahui benar atau salahnya jawaban ketika mengerjakan soal essay. Saran lebih lanjut untuk penelitian ini adalahdengan membuatforum diskusi dalam modul membuat soal latihan offline dan membuat umpan balik pada soal essay.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34911

Actions (login required)

View Item View Item