Pengaruh penerapan media catur akuntansi pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sutojayan dan SMA Negeri 1 Kademangan tahun ajaran 2015/2016 / Fira Ibialty Kreatitin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan media catur akuntansi pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sutojayan dan SMA Negeri 1 Kademangan tahun ajaran 2015/2016 / Fira Ibialty Kreatitin

Kreatitin, Fira Ibialty (2016) Pengaruh penerapan media catur akuntansi pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sutojayan dan SMA Negeri 1 Kademangan tahun ajaran 2015/2016 / Fira Ibialty Kreatitin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ibialty Kreatitin Fira. 2016. PengaruhPenerapan Media CaturAkuntansiPada Mata PelajaranEkonomiTerhadapHasilBelajarSiswaKelas Xi Ips Di SmaNegeri 1 Sutojayan Dan SmaNegeri 1 KademanganTahunAjaran 2015/2016.Skripsi Prodi PendidikanAkuntansi JurusanAkuntansi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Ibu Sriyani Mentari S.Pd M.M. Pembimbing (2) Dr. Satia Nur Maharani S.E M.Sa Ak. Kata Kunci Media Pembelajaran Catur Akuntansi HasilBelajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlalu dominannya peran guru didalam kelas sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut membuat tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara optimal. Dampaknya pemahaman siswa terhadap materi sangatlah kurang yang ditunjukkan dengan hasil belajar yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Melihat masalah tersebut guru dituntutuntukmampumenciptakan dan menerapkan media pembelajaran yang membantu siswa mengkongkretkan materi yang abstrak serta membuat siswa berpartisipasi aktif di dalam proses pembelajarangunameningkatkanhasilbelajar. Salah satu mediapembelajaran yang dapatdigunakanadalahmedia Catur Akuntansi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmedia Catur Akuntansi terhadaphasilbelajarpeserta didik. Jenispenelitianinimenggunakanmetodepenelitianeksperimendalambentukeksperimensemu (quasi eksperimen)dengandesainPretest-Postest Control Group Design.Populasipenelitianiniadalahpesertadidikkelas XI IPS di SMANegeri 1Sutojayan dan kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kademangantahunajaran 2015/2016. Teknikpengambilansampelmenggunakansimple random sampling.Pada SMANegeri 1SutojayanSampelterpilihkelas XI IPS 1sebagaikelaseksperimen yang diberikanperlakuan media Catur Akuntansi sedangkankelas XI IPS 4diberikanperlakuan model pembelajarankonvensional sedangkan Pada SMANegeri 1KademanganSampelterpilihkelas XI IPS 4sebagaikelaseksperimen yang diberikanperlakuan media Catur Akuntansi sedangkankelas XI IPS 1diberikanperlakuan model pembelajarankonvensional Teknikanalisis data menggunakanuji-t menggunakanindependent-sample T-test. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPenerapanmedia Catur AkuntansiberpengaruhterhadaphasilbelajarpesertadidikHal inidibuktikandenganhasilbelajarkelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontroldannilaisign hasilbelajarsebesar 0 000 0 05 dan didukung dengan hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa penerapan media Catur Akuntansi membantu siswa dalam memahami materi dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34902

Actions (login required)

View Item View Item