Pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan belajar, dan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntasi Universitas Negeri Malang / Fitri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan belajar, dan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntasi Universitas Negeri Malang / Fitri Wulandari

Wulandari, Fitri (2016) Pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan belajar, dan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntasi Universitas Negeri Malang / Fitri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Fitri. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional Lingkungan Belajar dan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sriyani Mentari S.Pd. M.M (2) Dr. Sri Pujiningsih SE. M .Si. Ak Kata Kunci Prestasi Akademik Kecerdasan Emosional Lingkungan Belajar Kepercayaan Diri Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dari proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah kecerdasan emosional (X1) lingkungan belajar (X2) dan kepercayaan diri (Z). Mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional dan rasa percaya diriyang tinggi akanmenghasilkan prestasi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional lingkungan belajar dan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi terhadap prestasi akademik. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 Universitas Negeri Malang berjumlah 155 mahasiswa sedangkan sampel yang diambil berjumlah 112 mahasiwa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MRA (Moderated Rgresion Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan emosional dan lingkungan belajar berpengaruh secara langsung terhadap prestasi akademik dan memberikan kontribusi sebesar 5 3% dan 7 1% dan kepercayaan diri sebagai variabel moderator dapat memperkuat pengaruh kecerdasan emosionaldan lingkungan belajar terhadap prestasi akademik dengan memberikan kontribusi sebesar 12 9% dan 15 9%. Variabel persepsi tentang kecerdasan spiritual merupakan variabel quasi moderator. Prestasi akademik mahasiswa akuntansi akan meningkat jika dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar serta mampu diperkuat oleh kepercayaan diri. Disarankan bagi mahasiswa (a) belajar mandiri (b) dapat mengontrol emosi dan memotivasi diri (c) memilih lingkungan belajar yang baik dan (d) meningkatkan rasa kepercayaan diri. Dan disarankan bagi peneliti selanjutnya (a) nilai prestasi akademik diperoleh dengan cara dokumentasi (b) menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta menambah variabel independen (c) teknik pengumpulan data dapat ditambahkan seperti menggunakan teknik observasi dan wawancara sehingga data yang terkumpul dapaat lebih lengkap dan mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34899

Actions (login required)

View Item View Item