Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa di SMK Islam Batu / Aisah Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa di SMK Islam Batu / Aisah Rachmawati

Rachmawati, Aisah (2016) Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa di SMK Islam Batu / Aisah Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmawati Aisah. 2012. Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Univeristas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II)Dr. Suparti M.P. Kata kunci discovery learning lesson study motivasi hasil belajar. Guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mendesain model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Salah satu model pembelajaran yang kondusif untuk hal tersebutadalah discovery learning. Berdasarkan observasi awal yang telah dilaksanakan kegiatan pembelajaran cenderung pada ceramah. Siswa hanya melihat mendengarkan dan mencatat penjelasan guru. Akibatnya siswa kurang termotivasi yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan masalah tersebut model pembelajaran yang sesuai dan diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah discovery learning. Pembelajaran dengan model discovery learning mendorong siswa untuk menemukan pengetahuan bagi dirinya sendiri. Lesson study digunakan untuk mengetahui kekurangan guru ketika mengajar dan menemukan pemecahan masalahnya bersama observer sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian secara kolaboratif antara peneliti sebagai guru model dan beberapa pengamat. Penelitian dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Langkah penelitian dilakukan berulang yang terdiri dari Perencanaan-Pelaksanaan Pengamatan-Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi angket dan tes. Kegiatan analisis data kualitatif dilakukan peneliti melalui tahapan editing kategorisasi/coding dan pemaknaan/meaning. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh rata rata presentase keterlaksanaan pembelajaran guru meningkat dari 88 54% menjadi 95 83% pada siklus II dengan kategori Sangat Terlaksana . Hasil observasi motivasi belajar siswa mencapai rata rata presentase sebesar 75 54% pada siklus I meningkat menjadi 85 91% pada siklus II dengan kategori Sangat Termotivasi . Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal dari 29% menjadi 84%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan model discovery learning berbasis lesson study. Saran untuk peneliti berikutnya adalah sebaiknya selalu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan banyak memberikan latihan soal dan pertanyaan yang mampu merangsang rasa keingin tahuan siswa dan tegas dalam memberikan punishment untuk siswa yang melanggar aturan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34897

Actions (login required)

View Item View Item