Birru, Awdita Citra (2022) Strategi bersaing pada sektor jasa penginapan di Kota Malang dengan analisis five porter dan analisis swot multy case study pada reddoorz dan oyo / Awdita Citra Birru</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemesanan jasa penginapan menggunakan aplikasi online merupakan sebuah strategi yang digunakan perusahaan dalam memasarkan jasanya. Salah satu platform pemesanan penginapan yaitu RedDoorz dan OYO. Seiring dengan munculnya tekonologi dan informasi ini menyebabkan setiap pengusaha penginapan harus memiliki strategi bersaing. Analisis SWOT sebagai strategi penentu masa depan dalam keberlangsungan bisnis dan sebagai alat pembantu menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh pemilik bisnis. Strategi bersaing dari Porter Five Forces merupakan alat yang kuat untuk analisis kompetitif ditingkat industri yang memberikan input berguna untuk melakukan analisis SWOT strategi diferensiasi digunakan untuk mengetahui daya pembeda yang dimiliki perusahaan dari pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Merancang analisis SWOT pemilik bisnis jasa penginapan di Kota Malang (2) Mengetahui Strategi bersaing berdasarkan teori Five Forces dari Porter pada masa pandemi (4) Mengetahui Strategi pengembangan bisnis fashion pada masa pandemi berdasarkan teori diferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Yang disusun secara deskriptif Kualitatif penelitian ini dilaksanakan di Penginapan yang ada di Kota Malang yaitu meliputi Omega Guest House Bunga Cengkeh Homestay Aurila Homestay dan Kina Family Residence. Sumber data diperoleh dari para informan yaitu para pemilik bisnis jasa penginapan pegawai dan pengunjung. Selain itu data didapatkan juga dari arsip dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor jasa penginapan di Kota Malang hampir seluruhnya hanya menerapkan strategi diferensiasi berdasarkan harga dan pelayanan. Hasil analisis SWOT menunjukkan titik kuadran kedua yaitu divervikasi strategi yang artinya posisi ini membuktikan bahwa sebuah bisnis yang kuattapi menghadapi tantangan yang besar di masa pandemic Covid. Sehingga harus menyiapkan strategi bisnis yang telah disusun berdasarkan hasil analisis SWOT perusahaan. Dari hasil penelitian Penginapan di Bunga Cengkeh homestay yang memiliki kualitas yang paling baik dan bisa dikategorikan sebagai hotel bintang tiga karena dari segi bangunan serta fasilitas yang diberikan lebih baik daripada Omega Guest House. Dapat disimpulkan bahwa pesaing dengan modal yang lebih banyak bisa mempengaruhi profitasbilitas bisnis dengan modal yang lebih kecil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |