Pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap online shopping behaviour melalui online purchase intention sebagai variabel intervening (studi pada pengguna marketplace shopee) / Gabriella Stefanny</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap online shopping behaviour melalui online purchase intention sebagai variabel intervening (studi pada pengguna marketplace shopee) / Gabriella Stefanny</p>

Stefanny, Gabriella (2022) Pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap online shopping behaviour melalui online purchase intention sebagai variabel intervening (studi pada pengguna marketplace shopee) / Gabriella Stefanny</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era globalisasi saat ini tidak diragukan lagi bahwa teknologi berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi ini juga tersebar dalam berbagai bidang. Salah satunya pada bidang ekonomi. Saat ini masyarakat dimudahkan dengan berkembangnya marketplace salah satunya Shopee yang memiliki pengguna terbanyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh e-wom dan brand image terhadap online shopping behaviour melalui online purchase intention. Riset ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel electronic word of mouth (X1) brand image (X2) online shopping behaviour (Y) dan online purchase intention (Z). Penelitian ini menggunakan software SPSS22 sebagai alat hitung. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee. Sampel dalam penelitian ini dihitung dengan rumus Daniel dan terrel dan ditemukan sampel sebesar 174 responden dan dibulatkan sebesar 15% yaitu 200 responden. Selain itu untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas uji asumsi klasik dan uji hipotesis dan menggunakan metode analisis jalur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa e-wom memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap online shopping behaviour e-wom memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap online purchase intention brand image memiliki pengaruh positif signifikan terhadap online shopping behaviour brand image memiliki pengaruh positif signifikan terhadap online purchase intention online purchase intention memiliki pengaruh positif signifikan terahdap online shopping behaviour e-wom memiliki pengaruh tidak langsung positif signifikan terhadap online shopping behaviour melalui online purchase intention brand image memiliki pengaruh tidak langsung positif dan signifikan terhadap online shopping behaviour melalui online purchase intention. Berdasarkan temuan penelitian saran yang dapat disampaikan kepada perusahaan yaitu agar perusahaan dapat selalu memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan dan melakukan kontrol berkala terhadap toko-toko yang ada pada marketplace Shopee sehingga terhindar dari dugaan penipuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348880

Actions (login required)

View Item View Item